TRI ARIF SRI WIDODO, 131110000759 (2015) STRATEGI UNGGULAN JASA BUS BEJEU BERBASIS ANALISIS SWOT DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131110000759_COVER.pdf
Download (483kB) | Preview
131110000759_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
131110000759_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
131110000759_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
131110000759_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (576kB)
131110000759_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (99kB)
131110000759_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (94kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
Abstract
Intensitas persaingan dan jumlah pesaing khususnya dalam bidang
trasportasi semakin meningkat sehingga menuntut setiap perusahaan trasportasi
khususnya PO. Bus Bejeu untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan
internal dan eksternal perusahaan serta memperhatikan keinginan pelanggan dan
berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan. Penelitian ini membahas tentang
“Strategi Unggulan Jasa Bus Bejeu Berbasis Analisis SWOT Dan Quality
Function Deployment (QFD)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui persepsi dan harapan pelanggan, memperoleh atribut yang masuk
dalam kategori kritis, serta merekomendasikan yang dapat diberikan untuk
memperbaiki kualitas pelayanan dan untuk mengetahui strategi unggulan yang
diterapkan bus Bejeu. Populasi dalam penelitian ini adalah mereka yang pernah
menggunakan transportasi jasa bus Bejeu. Alat analisis yang digunakan yaitu
analisis SWOT dan metode Quality Function Deployment (QFD).
Hasil penelitian menunjukkan ada 4 startegi unggulan berdasarkan
Metode Quality Function Deployment (QFD) yaitu 1) Peningkatan kualitas
untuk setiap petugas bus. 2) Perlu adanya informasi yang jelas dari pihak
manajemen tentang operasional bus. 3) Konsisten dalam melaksanakan sistem
operasional bus. 4) Penambahan tempat informasi yang terbuka. Dan ada 15
strategi unggulan berdasarkan Analisis SWOT yaitu dari strategi peluang
kekuatan (SO) diantaranya: 1) Peningkatan promosi. 2) Perluasan jaringan
kerjasama. 3) Perluasan jalur atau trayek baru. 4) Peningkatan sistem operasional
yang sudah ada. 5) Peningkatkan kualitas armada, fasilitas, dan pelayanan.
Strategi ancaman kekuatan (ST) diantaranya: 6) Selalu menjaga bus dalam
kondisi yang prima. 7) Mengedukasi customer mengenai armada yang nyaman
dan aman. 8) Selalu menjaga kualitas fasilitas yang diberikan. Strategi peluang
kelemahan (WO) diantaranya: 9) Menyediakan tempat layanan yang terbuka
untuk customer. 10) Menyediakan ruang tunggu yang nyaman. 11) Penambahan
jumlah armada bus. 12) Memperbaiki manajemen perusahaan dalam hal SDM nya
supaya memiliki SDM perusahaan yang berkualitas. 13) Perlu adanya informasi
yang jelas. dan Strategi ancaman kelemahan (WT) 14) Mengikuti
perkembangan zaman dengan cara selalu mengadaptasikan teknologi-teknologi
terbaru. 15) Peningkatkan dalam kegiatan promosi yang intensif untuk merubah
pandangan yang negatif dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : H. SAMSUL ARIFIN, S.E., M.M. Pembimbing 2 : H. TOHIR DIMAN, Drs., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Analisis SWOT, metode Quality Function Deployment (QFD) |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4456 |