Search for collections on Publications

KONSEP TABAYYUN DAN LITERASI MEDIA DALAM KARAKTER ISI PERS ISLAMI (STUDI ANALISIS QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 6)

ABDUSSALAM SIDIQ JAILANI, 131510000001 (2017) KONSEP TABAYYUN DAN LITERASI MEDIA DALAM KARAKTER ISI PERS ISLAMI (STUDI ANALISIS QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 6). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 131510000001_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 131510000001_COVER.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 2. 131510000001_BAB I.pdf] Text
2. 131510000001_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of 3. 131510000001_BAB II.pdf] Text
3. 131510000001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of 4. 131510000001_BAB III.pdf] Text
4. 131510000001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of 5. 131510000001_BAB IV.pdf] Text
5. 131510000001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[thumbnail of 6. 131510000001_BAB V.pdf] Text
6. 131510000001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 7. 131510000001_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 131510000001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep tabayyun yang terdapat dalam Q.S.
Al-Hujurat ayat 6 serta kajian literasi media dalam memahami karakter isi pers islami.
Penulisan skripsi ini merupakan penelitian pustaka (Library research) dimana data-data yang
dipakai adalah data kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif. Data-data yang terkait dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka atau
telaah karena kajian penelitian ini berkaitan dengan pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an.
Maksudnya dalam penelitian ini mencari pemahaman dan pengetahuan tentang makna
tabayyun yang terkandung dalam Q.S Al-Hujurat ayat 6 yang dihubungkan dengan literasi
media. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan
sekunder. Sumber data primer , sumber data yang diperoleh langsung dari sumbernya. Dalam
hal ini, sumber primernya adalah dari Al-Qur’an (Q.S. Al-Hujurat ayat 6) dan hasil
penafsiran para mufassir meliputi metode penafsiran, riwayat asbabun nuzul, munasabah
antar ayat, yang banyak dijelaskan dalam literature tafsir yaitu seperti, Tafsir Jalalain, Tafsir
Al-Lubab, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Maraghi dll. Sumber data sekunder
beberapa data yang diperoleh dari sumber yang memiliki interpretasi dengan sumber data
primer. Seperti kitab tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Takwil Ayy Al-Qur’an, Al-Itqan fi ‘Ulum Al-
Qur’an, Asbab an-Nuzul dll. Begitu juga buku-buku yang memiliki interpretasi sama seperti,
Kuliah Ulumul Qur’an, Asbabun Nuzul, Tabayyun Gus Dur dan beberapa refrensi yang
menunjang lainnya.
Hasil penelitian adalah Al-Qur’an menjawab tantangan zaman. Kebutuhan sumber
pokok tentang prinsip-prinsip bermedia menjadi penting dalam dunia pers islami. Yaitu
prinsip tabayyun. Dalam bermedia itu sendiri dikenal istilah literasi media. Literasi media
didasarkan pada kemampuan menggunakan media dengan baik. Sedangkan tabayyun
didasarkan pada mencari kebenaran sesuatu hingga jelas keadaannya. Dalam bermedia,
tabayyun dan literasi menjadi penting ditengah maraknya penyebaran hoax, isu negatif,
ujaran kebencian (hate speech) dan fitnah adu domba dan lain sebagainya. Hubungan
tabayyun dan literasi media menjadi menarik yaitu agar tidak ada penyalahgunaan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Abdul Wahab, S.Sos.I., M.S.I. pembimbing 2 : Muhammad Nasrul Haqqi, S.Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Tabayyun, Literasi Media, Hoax,
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:00
Last Modified: 03 Feb 2023 04:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item
View Item