Search for collections on Publications

PENENTUAN SCORE AKHIR GAME EKOSISTEN DAN MAHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY

FARID AGUS PRIYONO, 171240000610 (2022) PENENTUAN SCORE AKHIR GAME EKOSISTEN DAN MAHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 1.171240000610_COVER.pdf]
Preview
Text
1.171240000610_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.171240000610_BAB I.pdf] Text
2.171240000610_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of 3.171240000610_BAB II.pdf] Text
3.171240000610_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4.171240000610_BAB III.pdf] Text
4.171240000610_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[thumbnail of 5.171240000610_BAB IV.pdf] Text
5.171240000610_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 6.171240000610_BAB V.pdf] Text
6.171240000610_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of 7.171240000610_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7.171240000610_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk dalam kurikulum Sekolah Dasar, pada muatan Kurikulum 2013 IPA tergolong mata pelajaran umum kelompok A yang merupakan mata pelajaran yang penting dalam mengembangkan kompetensi peserta didik dalam aspek kognitif afektif dan psikomotor. SDN 1 Wedelan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara keaktifan belajar siswa saat pandemi covid-19 berkurang, hal ini terjadi mengingat jam pelajaran yang seharusnya 36 jam perminggu berkurang menjadi setengahnya yakni 18 jam perminggu untuk kelas 5 dan 6. Hal ini berdampak pada pelajaran IPA yang membutuhkan pembimbing bagi siswa dalam belajar mengalami kesultan dalam memahami materi yang diberikan. Pemanfaatan teknologi game edukasi Ekosistem Dan Mahluk Hidup dapat digunakan untuk pembelajaran diluar jam sekolah karena dapat digunakan dimanapun, kapanpun dan dapat menyampaikan informasi, materi, dan gambar dengan lebih interaktif. Penelitian menggunakan metode Rapid Application Development yang merupakan model proses pengembangan perangkat lunak dengan waktu yang cepat. Metode ini menekankan pada proses pembuatan aplikasi berdasarkan pembuatan prototype, iterasi, dan feedback yang berulang-ulang. Penelitian ini berfokus pada pembuatan game dan penerapan algoritma fuzzy sugeno pada game Ekosistem dan Mahluk Hidup dengan hasil yang dicapai adalah penentuan score akhir game menggunakan algoritma fuzzy sugeno, dan tingkat kelayakan aplikasi yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan angket responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Akhamad Khanif Zyen, S.Kom., M.Kom Pembimbing II: Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom
Uncontrolled Keywords: IPA, Ekosistem, Algoritma Fuzzy sugeno, Game Edukasi
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:44
Last Modified: 02 Feb 2023 02:44
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item
View Item