Search for collections on Publications

PENERAPAN ALGORITMA A* PADA APLIKASI GAME TASHRIF DI MTS-SA ROUDLOTUT THOLIBIN JEPARA

REZA RAMADHAN, 171240000635 (2022) PENERAPAN ALGORITMA A* PADA APLIKASI GAME TASHRIF DI MTS-SA ROUDLOTUT THOLIBIN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 171240000635_COVER.pdf]
Preview
Text
171240000635_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_BAB I.pdf]
Preview
Text
171240000635_BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_BAB II.pdf]
Preview
Text
171240000635_BAB II.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_BAB III.pdf]
Preview
Text
171240000635_BAB III.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_BAB IV.pdf]
Preview
Text
171240000635_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_BAB V.pdf]
Preview
Text
171240000635_BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 171240000635_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
171240000635_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Ilmu Shorof atau Tashrif merupakan bagian dari ilmu nahwu, yang membahas bentuk kata dan keadaannya ketika menjadi mufrod. manfaat dari mempelajari ilmu shorof adalah agar mampu mendalami lebih dalam mengenai ilmu bahasa arab. Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara adalah salah satu lembaga pendidikan yang berupaya untuk tetap melestarikan ilmu shorof bagi para peserta didik dengan memasukkan pelajaran shorof ke dalam kurikulum sekolah. Namun minat peserta didik dalam belajar ilmu shorof semakin berkurang. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang masih konvensional. dan juga sulitnya memahami ilmu shorof itu sendiri karena tingkat kerumitan materi yang diajarkan. dengan mengembangkan game edukasi ilmu shorof, dengan materi membahas mengenai pengenalan mengenai ilmu shorof, dan menggunakan penerapan Algoritma A*, dimana penerapannya diterapkan kepada perilaku NPC(Non Player Character) untuk mencari rute terdekat dalam mencapai Player. Algoritma A* dapat diterapkan menjadi lebih efektif. Game Tashrif adalah salah satu game edukasi yang bertujuan untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar ilmu shorof. Hasil dari penelitian ini berdasarkan data responden dengan nilai 90,44%, validasi ahli media 95,83%, dan validasi ahli materi 95,23%. Dan berdasarkan pengujian Blackbox aplikasi dapat 100% berjalan dengan sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : R.H. Kusumodestoni, S,Kom, M.Kom Pembimbing II : Ir. Adi Sucipto.,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Tashrif, Algoritma A*, Game Edukasi
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:43
Last Modified: 02 Feb 2023 02:43
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item
View Item