FAJAR LISTYA GALIH KUSUMA, 171240000616 (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BENDA LUAR ANGKASA MELALUI PENAMBAHAN GENRE BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNISNU.
1. 171240000616_COVER.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
2. 171240000616_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
3. 171240000616_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
4. 171240000616_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (288kB)
5. 171240000616_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
6. 171240000616_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
7. 171240000616_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Benda-benda langit tersebut antara lain adalah depalan buah planet, satelit, asteroid, dan masih banyak lagi benda langit lainnya. Delapan planet itu antara lain Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Materi tata surya merupakan salah satu materi pelajaran pada ilmu pengetahuan alam yang diajarkan di sekolah dasar. Tata Surya merupakan materi yang sulit untuk difahami oleh anak usia 12-13 Tahun atau setara dengan anak kelas 6 sekolah dasar. Hal ini dikarenakan kurangnya efisiensi belajar dari anak tersebut dan juga materi tentang tata surya sendiri memiliki banyak karakteristik yang berbeda dari masing-masing planet yang harus dipelajari. Untuk mengatasi permasalah tersebut dan untuk memudahkan dalam pembelajaran materi ini dikemas dalam bentuk Edutainment Game yaitu Game yang disisipi dengan materi pembelajaran, maka dibuatlah aplikasi Edutainment Game. Dengan cara menentukan genre terbaik untuk diterapkan di Game tersebut dengan membandingkan 4 genre yaitu Edukasi Quiz, Puzzle, Adventure, Shooting. Pada penelitian ini aplikasi yang digunakan sebagai pembuatan adalah construct 2 dan unity dengan menggunakan metode pendekatan R&D (Research and Development) dan metode GDLC (Game Development Life Cycle) sebagai metode pengembangan system, yang bertujuan agar perancangan serta implementasi menjadi lebih spesifik dan lebih kompleks. Dari hasil perhitungan uji kelayakan didapat dari ahli media mencapai 77%, responden ahli materi mencapai 95,2% serta responden masyarakat atau wali peserta didik 92% yang bearti aplikasi ini sangat layak untuk digunakan, kemudian dari hasil perolehan persentase perbandingan memperoleh hasil sebesar 50% genre Quiz, 30% genre Puzzle, 10% genre Adventure, dan 10% genre Shooting yang didapatkan dari hasil survey, kemudian dapat disimpulkan bahwa genre quiz memperoleh persentase paling tinggi sebagai genre Game terbaik yang dapat meningkatkan pengetahuan tentang materi benda luar angkasa. Hasil dari penelitian berupa edutainment Game berjudul Space Education.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Akhmad Khanif Zyen, S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Tata Surya; Benda Luar Angkasa; Android; Game Edukasi; Genre Game; R&D; GDLC; Pembelajaran; Perbandingan. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:08 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4380 |