NURUL KHIKMATUL AULA MUTAFARRIDA, 181270000236 (2022) PERANCANGAN ILUSTRASI PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTEDE REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Skripsi thesis, UNISNU.
181270000236_ COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
181270000236_ BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
181270000236_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
181270000236_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
181270000236_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
181270000236_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (896kB)
181270000236_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kewajiban melaksanakan sholat tercantum pada rukun islam ke-2. Seiring perkembangan zaman, penerapan pendidikan agama terlebih pembelajaran sholat sudah mulai diterapkan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyyah atau setara dengan Sekolah Dasar. Hal ini akan sangat membantu membangun pola pikir anak karena kebiasaan sholat yang telah diajarkan sejak kecil. Sehingga akan menjadi dasar dalam pembelajaran sholat saat dewasa nanti. Melihat dari salah satu kegiatan belajar mengajar terutama dalam hal praktik sholat di Madrasah Ibtidaiyyah Tsamrotul Huda Kecapi dinilai kurang efektif mengingat tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran. Dalam praktik sholat, siswa-siswi sering mengalami kekeliruan bacaan, kurang benar dalam membaca doa dalam sholat, serta gerakan yang kurang tepat. Terlebih efek pasca pandemi yang mengharuskan siswa-siswi melakukan pembelajaran secara online membuat praktik tata cara sholat tidak dapat dilaksanakan. Tak hanya itu, penyalahgunaan penggunaan android juga menjadi salah satu alasan kuat dalam pewujudan perancangan ini. Untuk itu, diperlukanlah perancangan inovasi media pembelajaran untuk dapat memudahkan proses belajar mengajar dan meningkatkan minat baca siswa-siswi melalui ilustrasi dan pemanfaatan teknologi.
Perancangan ini dibuat dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan journalist question method (5W+1H) untuk analisis data. Sedangkan untuk perancangannya menggunakan metode perancangan kotak kaca (Glass Box) yang memiliki korelasi interdisiplin ilmu. Dalam menganalisis karya perancangan, penyusun menggunakan teori estetika dari Dr.A.A.M. Djelantik untuk mengakji karya perancangan. Hasil akhir dari perancangan ini adalah pembuatan ilustrasi pada buku pegangan tata cara sholat sebagai media utama yang didukung dengan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai bentuk pemanfaatan teknologi serta upaya mengatasi penyalahgunaan android. Augmented Reality (AR) dibuat dengan sistem scan marker untuk menonjolkan ilustrasi karakter pada buku pegangan. Selain itu, perancangan pada media pendukung juga dibuat untuk menunjang pembelajaran, yakni flash card, pembatas buku, puzzle “Ayo Sholat”, dan papan monitor “Ayo Sholat”. Selain itu penerapan pada media penunjang lain dalam bentuk merchandise, yakni pada gantungan kunci, pin, stiker, totebag, kaos dan mug.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Tristan Alfian, S.Sn., M.Sn. Pembimbing II : Kukuh Dwi Wijanarko, S.Sn., M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Ilustrasi, Tata Cara Sholat, Inovasi, Augmented Reality |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.6 Komputer Grafis, Grafika Komputer 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat, Sholat 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:37 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4333 |