Search for collections on Publications

PERANCANGAN BUKU CERITA RAKYAT TIMUN MAS BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA GOLDEN AGE SEBAGAI MEDIA LITERASI PENDUKUNG GERNAS BAKU

KINANTI ERSTE PANGGAYUH PUTRI, 181270000254 (2022) PERANCANGAN BUKU CERITA RAKYAT TIMUN MAS BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA GOLDEN AGE SEBAGAI MEDIA LITERASI PENDUKUNG GERNAS BAKU. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 181270000254_COVER.pdf]
Preview
Text
181270000254_COVER.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 181270000254_BAB I.pdf] Text
181270000254_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[thumbnail of 181270000254_BAB II.pdf] Text
181270000254_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181270000254_BAB III.pdf] Text
181270000254_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181270000254_BAB IV.pdf] Text
181270000254_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181270000254_BAB V.pdf] Text
181270000254_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of 181270000254_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181270000254_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Merancang ilustrasi dan penerapan teknologi Augmented Reality yang menarik pada Buku Cerita Rakyat Timun Mas bagi anak usia Golden Age (2-5 tahun). (2) Merancang media pendukung kreatif untuk Buku Cerita Rakyat Timun Mas berbasis teknologi Augmented Reality bagi anak usia Golden Age (2-5 tahun). Perancangan ini merupakan jenis kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif menggunakan metode kipling 5W+1H. Metode perancangan desain yang digunakan adalah Design Thinking dengan berbasis user centric. Karya hasil perancangan di analisis menggunakan kajian keilmuan Estetika Djelantik. Hasil perancangan menunjukkan bahwa kebutuhan akan inovasi media literasi GERNAS BAKU Jepara telah dipenuhi melalui perancangan Augmented Reality Book Timun Mas yang berhasil menghadirkan pengalaman visual baru yang menyenangkan, sekaligus sebagai upaya pelestarian konten budaya lokal. Perancangan media utama dan media pendukung telah mempertimbangkan tiga aspek estetika mendasar, yaitu wujud atau rupa (appearance), bobot atau isi (content), dan penyajian (presentation) sesuai dengan rangkaian kegiatan GERNAS BAKU yaitu kegiatan utama pembacaan buku ilustrasi dan kegiatan motorik tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Tristan Alfian, S.Sn., M.Sn. Pembimbing II : Fivin Bagus Septiya Pambudi, S.Pd., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Augmented Reality, Estetika
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.6 Komputer Grafis, Grafika Komputer
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 741 Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:34
Last Modified: 30 Jan 2023 03:34
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item
View Item