Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI METODE STIFIN DALAM MENGOPTIMALKAN GAYA BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN (Studi Kasus Di Rumah Belajar Gen.A Jepara)

NADIATUS SHOFAA SABILA, 171340000040 (2022) IMPLEMENTASI METODE STIFIN DALAM MENGOPTIMALKAN GAYA BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN (Studi Kasus Di Rumah Belajar Gen.A Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171340000040_COVER.pdf]
Preview
Text
171340000040_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171340000040_BAB I.pdf] Text
171340000040_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171340000040_BAB II.pdf] Text
171340000040_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171340000040_BAB III.pdf] Text
171340000040_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171340000040_BAB IV.pdf] Text
171340000040_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of 171340000040_BAB V.pdf] Text
171340000040_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[thumbnail of 171340000040_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171340000040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171340000040_LAMPIRNA.pdf] Text
171340000040_LAMPIRNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Metode STIFIn merupakan metode yang mengkompilasi dari berbagai teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumber daya manusia. STIFIn Personality secara ilmiah menggunakan pendekatan psikologi analisis yang dipelopori oleh Carl Gustav Jung, kemudian dikompilasi dengan teori The Whole Brain Concept dari Ned Herrmann, dan teori Triune Brain dari Paul Maclean. Metode STIFIn dapat meningkatkan prestasi belajar dan mampu mengenali gaya belajar anak sesuai dengan mesin kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi metode STIFIn dalam mengoptimalkan gaya belajar anak usia 4 – 6 tahun di rumah belajar Gen.A Jepara dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan metode STIFIn dalam mengoptimalkan gaya belajar anak usia 4 – 6 tahun di rumah belajar Gen.A Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian penelitian studi kasus (case study). Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan implementasi metode STIFIn dalam mengoptimalkan gaya belajar anak usia 4-6 tahun di rumah belajar Gen.A dilakukan melalui 10 kata sesuai mesin kecerdasan. Peserta didik mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan nyaman dan menyenangkan karena sesuai dengan tipe kepribadian. Faktor pendukung dari pelaksanaan implementasi metode STIFIn dalam mengoptimalkan gaya belajar anak usia 4-6 tahun di rumah belajar Gen.A yaitu sarana dan prasarana yang memadai, perhatian dan motivasi orang tua, dan kenyamanan peserta didik dalam belajar. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya pengetahuan orang tua mengenai konsep STIFIn. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode STIFIn mampu mengenali gaya belajar peserta didik dan dapat dioptimalkan melalui 10 kata kerja sesuai mesin kecerdasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anita Afrianingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode STIFIn, Optimalisasi Gaya Belajar, AUD.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:00
Last Modified: 30 Jan 2023 03:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item
View Item