DEWI SUSANTI, 171340000039 (2020) IMPLEMENTASI MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ROSELANA PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171340000039_ COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 171340000039_ BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171340000039_ BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 171340000039_ BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171340000039_ BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 171340000039_ BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171340000039_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
![[thumbnail of 171340000039_ LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171340000039_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan merupakan fokus penelitian yang fokus penelitiannya dengan beragam metode, termasuk pendekatan berdasarkan fakta yang ada dilapangan dan bersifat alami terhadap subjek penelitian. Implementasi model environmental learning dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia TK A di Rosellana Pecangaan Jepara pembelajaran model environmental learning dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang alam dan lingkungan sekitar. Kecerdasan naturalis yang dapat dilihat adalah memiliki ketertarikan yang besar terhadap alam sekitar, termasuk kepada binatang di usia yang sangat dini.
Mereka menikmati cerita yang berkaitan dengan fenomena alam, misalnya terjadinya awan dan hujan, asal usul binatang, pertumbuhan tanaman dan tata surya. Pembelajaran naturalis ditekankan pada pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi anak dalam melihat dan memahami secara nyata. Pendidikan naturalis diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga anak akan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam dan lingkungan sekitar, sehingga anak dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.
Faktor pendukung implementasi model environmental learning dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak pada usia 4-5 di Rosellana Pecangaan Jepara, meliputi: faktor kognitif, faktor kreativitas, media pembelajaran yang berasal dari lingkungan. Faktor penghambat implementasi model environmental learning dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak pada usia 4-5 di Rosellana Pecangaan Jepara, meliputi: Konsentrasi peserta didik yang mudah berubah-ubah dan waktu pelaksanaan yang kurang mencukupi dan pengetahuan peserta didik tentang model environmental learning masih rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Naili Rohmah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Environmental Learning, Mengembangkan Kecerdasan Naturalis, Anak Usia 4-5 Tahun Di TK A |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:45 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4309 |