EMILIA APRILIANI, 171330000054 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGHETER TERHADAP HASIL BLAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 01 KRAPYAK JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
171330000054_COVER.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000054_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
171330000054_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
171330000054_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
171330000054_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
171330000054_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
|
Text
171330000054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000054_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥70. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi pada saat pembelajaran di kelas berlangsung sehingga siswa kurang palam memahami materi. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan memberikan model pembelajaran yaitu Numbered heads tugether. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 1 Krapyak Jepara tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Krapyak Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah metode NHT. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan essay. Instrumen penlitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 1 butir disetiap kelompoknya. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 54,11 sedangkan, saat posttest hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 65,67. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 12,11. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M, Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Hasil Belajar Siswa, Metode Numbered Heads Together (NHT). |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:43 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |