Search for collections on Publications

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 06 MULYOHARJO JEPARA

RIEKE DISTANIA DEWI, 171330000062 (2022) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 06 MULYOHARJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000062_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000062_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000062_BAB I.pdf] Text
171330000062_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000062_BAB II.pdf] Text
171330000062_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171330000062_BAB III.pdf] Text
171330000062_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000062_BAB IV.pdf] Text
171330000062_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 171330000062_BAB V.pdf] Text
171330000062_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[thumbnail of 171330000062_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000062_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000062_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kunci terpenting untuk setiap usaha pendidikan adalah belajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar membutuhkan cara yang sesuai atau nyaman dengan apa yang dialaminya dalam proses belajar. Cara tercepat dan termudah dalam belajar seseorang disebut gaya belajar. Gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara bervariasi. Kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya mengetahui gaya belajar siswa untuk membantunya memahami informasi dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara. (2) mendeskripsikan faktor apa yang mempengaruhi gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara. (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara dalam pembelajaran tematik selama peneliti melakukan observasi yang paling dominan dimiliki siswa adalah gaya belajar visual, dengan sebaran hasil rata-rata persentase data hasil rekap angket yaitu gaya visual 46% berjumlah 16 siswa. Gaya belajar auditori sejumlah 8% berjumlah 3 siswa. Gaya belajar kinestetik 28% berjumlah 10 siswa. Gaya belajar visual dan kinestetik 6% berjumlah 2 siswa. Gaya belajar visual dan auditori sejumlah 6% berjumlah 2 siswa. Gaya belajar visual, auditori dan kinestetik 6% berjumlah 2 siswa. 2) Faktor yang xviii mempengaruhi gaya belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. 3) Hasil gaya belajar visual siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara yaitu adalah siswa lebih mengingat apa yang guru jelaskan di papan tulis, mengingat pembelajaran jika guru memperlihatkan bukti-bukti kongkrit, membaca dengan cepat dan tekun. Hasil gaya belajar auditori adalah siswa belajar dengan mendengarkan penjelasan guru, mengulang kembali materi yang guru jelaskan secara perlahan, suka berdiskusi. Hasil gaya belajar kinestetik adalah siswa selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama, cara berkomunikasi memperlihatkan gerakan tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Siswa, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:42
Last Modified: 30 Jan 2023 02:42
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item
View Item