RIEKE DISTANIA DEWI, 171330000062 (2022) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 06 MULYOHARJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000062_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000062_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000062_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
171330000062_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171330000062_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
171330000062_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
171330000062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171330000062_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Kunci terpenting untuk setiap usaha pendidikan adalah belajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar membutuhkan cara yang sesuai atau nyaman dengan apa yang dialaminya dalam proses belajar. Cara tercepat dan termudah dalam belajar seseorang disebut gaya belajar. Gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara bervariasi. Kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya mengetahui gaya belajar siswa untuk membantunya memahami informasi dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara. (2) mendeskripsikan faktor apa yang mempengaruhi gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara. (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran tematik di kelas V di SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara dalam pembelajaran tematik selama peneliti melakukan observasi yang paling dominan dimiliki siswa adalah gaya belajar visual, dengan sebaran hasil rata-rata persentase data hasil rekap angket yaitu gaya visual 46% berjumlah 16 siswa. Gaya belajar auditori sejumlah 8% berjumlah 3 siswa. Gaya belajar kinestetik 28% berjumlah 10 siswa. Gaya belajar visual dan kinestetik 6% berjumlah 2 siswa. Gaya belajar visual dan auditori sejumlah 6% berjumlah 2 siswa. Gaya belajar visual, auditori dan kinestetik 6% berjumlah 2 siswa. 2) Faktor yang xviii mempengaruhi gaya belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. 3) Hasil gaya belajar visual siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 06 Mulyoharjo Jepara yaitu adalah siswa lebih mengingat apa yang guru jelaskan di papan tulis, mengingat pembelajaran jika guru memperlihatkan bukti-bukti kongkrit, membaca dengan cepat dan tekun. Hasil gaya belajar auditori adalah siswa belajar dengan mendengarkan penjelasan guru, mengulang kembali materi yang guru jelaskan secara perlahan, suka berdiskusi. Hasil gaya belajar kinestetik adalah siswa selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama, cara berkomunikasi memperlihatkan gerakan tubuh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Siswa, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4306 |