HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 06 MULYOHARJO JEPARA

DEVI WIDYA SARI, 171330000066 (2022) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 06 MULYOHARJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000066_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
171330000066_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
171330000066_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
171330000066_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
171330000066_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
171330000066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jarangnya guru menerapkan variasi pembelajaran yang beragam, padahal penerapan variasi pembelajaran sangat penting. Guru jarang menggunakan media pembelajaran yang interaktif, sehingga beberapa siswa menjadi mudah bosan saat mengikuti pembelajaran serta kurang termotivasi dan kehilangan fokus belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan keterampilan guru dalam penerapan variasi media pembelajar dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharo Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 06 Mulyoharjo Jepara dengan jumlah siswa 34. Terdapat 2 variabel pada penelitian ini, yaitu variabel independen yaitu keterampilan guru dalam menerapkan variasi media dan variabel dependen hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25 yang meliputi uji validalitas, reabilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas, sera uji hipotesis berupa uji korelasional.
Hasil dari penelitian ini menunjukan keterampilan guru dalam penerapan media pembelajaran dapat dilihat pada saat guru memilih media yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru menggunakan media gambar, media video dan media diagram batang. Penerapan media pembelajaran membuat siswa lebih termotivasi mengikuti pelajaran, lebih memahami materi dan pembelajaran menjadi lebih bervariasi. Terdapat hubungan yang positif antara keterampilan menerapkan media pembelajaran dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharjo dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment yang menunjukan nilai signifikansin sebesar 0,000 < 0,05. Nilai Pearson Correlation 0,74 menunjukan hubungan ini tergolong ke dalam tingkat hubungan yang kuat berdasarkan tabel interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru Menerapkan Variasi Media, Matematika, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:38
Last Modified: 30 Jan 2023 02:38
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item