TRI DIANSARI, 171330000182 (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ANIMASI KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD N 01 BRANTAKSEKARJATI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000182_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000182_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171330000182_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 171330000182_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171330000182_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 171330000182_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (563kB)
171330000182_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000182_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000182_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 01 Brantaksekartaji Jepara melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA, yaitu hasil belajar IPA yang masih rendah. Hal itu disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran di kelas yang kurang inovatif. Maka dari itu diperlukan pengembangan model pembelajaran serta media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran project based learning (PJBL) berbasis animasi terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi di kelas IV SDN 01 Brantaksekartaji Jepara.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Brantaksekartaji Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembeajaran project based learning berbasis animasi efektif digunakan dalam pembelajaran IPA, ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai sebesar 0,05 yang artinya signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata N-gain data pretest dan posttest diperoleh standar deviasi sebesar 4,65 dengan kriteria sedang.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pembeajaran Project Based Learning berbasis animasi efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi sumber energi. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan model pembeajaran project based learning berbasis animasi pada pembelajaran muatan lain, serta terus berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran serta memperbaiki tampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, Animasi, IPA. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 741 Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 07:19 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4304 |