Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ANIMASI KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD N 01 BRANTAKSEKARJATI JEPARA

TRI DIANSARI, 171330000182 (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ANIMASI KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD N 01 BRANTAKSEKARJATI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000182_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000182_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000182_BAB I.pdf] Text
171330000182_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000182_BAB II.pdf] Text
171330000182_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 171330000182_BAB III.pdf] Text
171330000182_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000182_BAB IV.pdf] Text
171330000182_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000182_BAB V.pdf] Text
171330000182_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[thumbnail of 171330000182_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000182_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000182_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000182_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 01 Brantaksekartaji Jepara melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA, yaitu hasil belajar IPA yang masih rendah. Hal itu disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran di kelas yang kurang inovatif. Maka dari itu diperlukan pengembangan model pembelajaran serta media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran project based learning (PJBL) berbasis animasi terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi di kelas IV SDN 01 Brantaksekartaji Jepara.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Brantaksekartaji Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembeajaran project based learning berbasis animasi efektif digunakan dalam pembelajaran IPA, ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai sebesar 0,05 yang artinya signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata N-gain data pretest dan posttest diperoleh standar deviasi sebesar 4,65 dengan kriteria sedang.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pembeajaran Project Based Learning berbasis animasi efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi sumber energi. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan model pembeajaran project based learning berbasis animasi pada pembelajaran muatan lain, serta terus berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran serta memperbaiki tampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Animasi, IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 741 Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:19
Last Modified: 27 Jan 2023 07:19
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item
View Item