ABDUL WAHID HASANUDIN, 151270000078 (2021) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF UNTUK MENGENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI TK DARUSSALAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151270000078_COVER.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
151270000078_BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
151270000078_BAB II.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
151270000078_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151270000078_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151270000078_BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
151270000078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
151270000078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
Abstract
Pada era globalisasi permainan pada handphone lebih mendominasi kegiatan bermain anak dibandingkan dengan permainan tradisional, sehingga anak kehilangan interaksi sosial yang secara tidak langsung dapat merusak mental dan sosialisasi anak. Sebagai langkah alternatif dalam mengenalkan anak-anak pada permainan tradisional, perlu adanya media yang edukatif dan menarik bagi anak untuk mengenal permainan tradisional terutama anak-anak yang masih belajar di taman kanak-kanak Drussalam. Buku Ilustrasi Interaktif untuk Pengenalan Permainan Tradisional bisa menjadi salah satu fasilitas untuk mengenalkan permainan tradisional di TK Darussalam, Selain digunakan untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak, buku ini juga bisa melatih kemampuan motorik anak seperti menulis, membaca, menggambar, dan mewarnai, tentang permainan tradisional. Untuk mendukung perancangan ini maka dilakukan pengumpulan data diteruskan menggunakan metode kotak kaca atau yang biasa disebut glass box dan menganalisis dengan teknik analisis 5W+1H.
Perancangan buku ilustrasi diaplikasikan berdasarkan Analisa kebutuhan sebagai penunjang keberhasilan pengenalan permainan tradisional di TK Darussalam yang terdiri dari Boneka Tangan, Pembatas Buku, Buku Mewarnai, T-Shirt, Setiker, Setiker Nama, Puzzle, dan Tempat Crayon. Hasil perancangan berupa desain yang dapat diimplementasikan pada proses pengenalan permainan tradisional di TK Darussalam berdasarkan analisis karya estetika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Fivin Bagus Septian Pambudi, S.Pd., M. Pd. Pembimbing II : Kukuh Dwi Wijanarko, M.Sn |
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Buku Ilustrasi, Permainan Tradisional, TK Darussalam |
Subjects: | 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 745 Seni Dekorasi > 745.66 Desain Logo, Lambang 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 760 Seni Grafika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 06:48 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:48 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/429 |