PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PARANG KARIMUNJAWA JEPARA

IMELDA ROSDIANA, 171330000069 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PARANG KARIMUNJAWA JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000069_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000069_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000069_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
171330000069_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
171330000069_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
171330000069_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img]
Preview
Text
171330000069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000069_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil pra penelitian melalui wawancara dengan guru IPA kelas V SDN 02 Parang,dapat diketahui bahwa hasil belajar IPA pada materi organ tubuh manusia belum maksimal. Salah satunya karena keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya fasilitas sarana dan prasarana sekolah. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Parang, dalam mempelajari materi organ tubuh manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Pengembangan Media Ajar Berbasis Aplikasi KineMaster Pada Materi Organ Tubuh Manusia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 02 Parang Karimunjawa Jepara” apakah media tersebut layak digunakan dan juga untuk mengetahui keefktifan media video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster pada materi organ tubuh manusia.
Penelitian ini yaitu penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu melalui sepuluh tahapan pada penelitian ini tahapan yang dimaksud yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, dan uji coba pemakaian. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan menyebarkan angket atau kuesioner kebutuhan siswa dan guru, angket respon siswa, angket validator ahli materi dan media dan juga soal Pretest dan post test. Pada penelitian ini membuktikan bahwa media video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia dinyatakan layak dengan oleh ahli media dengan memperoleh presentase sebanyak 91% dan 96% oleh ahli materi dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar pretest dan post test dihitung menggunakan uji N-gain dengan nilai peningkatan sebesar 0,74 dan 0,48 dengan kategori sedang, oleh karena itu mengalami peningkatan pada hasil belajar pretest dan post test.
Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji T-test (Paired Samples Test) dengan menggunakan SPSS, pada output Sig (2-tailed) = 0,000 ˂ 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan secara signifikan pada hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media, Aplikasi Kinemaster, Hasil Belajar IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:05
Last Modified: 05 Jan 2023 07:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item