Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 1 TELUKWETAN

ENI AMELIA, 171330000156 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 1 TELUKWETAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000156_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000156_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000156_BAB I.pdf] Text
171330000156_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000156_BAB II.pdf] Text
171330000156_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171330000156_BAB III.pdf] Text
171330000156_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000156_BAB IV.pdf] Text
171330000156_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000156_BAB V.pdf] Text
171330000156_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of 171330000156_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000156_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000156_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000156_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan setel diterapkan model kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif pada kelas tematik. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Desain penelitian ini adalah Pre- Experimental Design menggunakan jenis Intact Group Comparison. Dua sampel peneitian ini yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. analisis nilai posttest menggunakan ui-t. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi disbanding hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji-t yang menunjukkan t-hitung>t-tabel. yakni 4,641>1,706 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,46 sedangkan kelas kontrol 57,85. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif membuat siswa lebih termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Manipulatif, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:12
Last Modified: 26 Jan 2023 03:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4266

Actions (login required)

View Item
View Item