ENI AMELIA, 171330000156 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 1 TELUKWETAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
171330000156_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000156_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
171330000156_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
171330000156_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
171330000156_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
171330000156_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
|
Text
171330000156_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000156_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan setel diterapkan model kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif pada kelas tematik. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Desain penelitian ini adalah Pre- Experimental Design menggunakan jenis Intact Group Comparison. Dua sampel peneitian ini yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. analisis nilai posttest menggunakan ui-t. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi disbanding hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji-t yang menunjukkan t-hitung>t-tabel. yakni 4,641>1,706 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,46 sedangkan kelas kontrol 57,85. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif membuat siswa lebih termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Media Manipulatif, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 03:12 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 03:12 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |