LINDA AYU CANTIKA, 171330000130 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DAUR HIDUP HEWAN MELALUI APLIKASI KINEMASTER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN BULAK BARU KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000130_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000130_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171330000130_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
171330000130_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171330000130_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
171330000130_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (957kB)
171330000130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171330000130_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan belum mencapai hasil yang optimal. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan guru masih monoton. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan media daur hidup hewan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan prosedur pengembangan media daur hidup hewan melalui aplikasi KineMaster, mengetahui tingkat kelayakan media daur hidup hewan melalui aplikasi KineMaster dan mengukur efektivitas penerapan media daur hidup hewan melalui aplikasi KineMaster pada hasil belajar IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SD Negeri Bulak Baru.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian menurut Sugiyono. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Bulak Baru dengan subjek yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan nilai evaluasi pretest-posttest dan uji t-test.
Penelitian ini menunjukkan bahwa media media daur hidup hewan melalui aplikasi KineMaster layak digunakan dengan presentase validasi ahli media 94% dan ahli materi 96%. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan sebelum dan sesudah menggunakan media media daur hidup hewan melalui aplikasi KineMaster.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Daur Hidup Hewan, KineMater, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 03:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4265 |