Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 MENGANTI KEDUNG JEPARA

AYU RAHMAWATI, 171330000167 (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 MENGANTI KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000167_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000167_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000167_BAB I.pdf] Text
171330000167_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000167_BAB II.pdf] Text
171330000167_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 171330000167_BAB III.pdf] Text
171330000167_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000167_BAB IV.pdf] Text
171330000167_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000167_BAB V.pdf] Text
171330000167_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[thumbnail of 171330000167_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000167_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000167_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000167_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V di SD Negeri 3 Menganti Kedung Jepara. Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan saat penyampaian materi masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang umumnya bercirikan praktik kelas berdurasi pendek dan banyak siswa yang belum mampu dalam berkemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe pre eksperimen jenis one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 3 Menganti yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket yang berjumlah 22 pernyataan. Angket ini diberikan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil angket menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 64.375 sedangkan, saat posttest (setelah menggunakan model Project Based Learning) hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 70.843 Kenaikan hasil pretest dengan posttest sebesar 6,469. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:06
Last Modified: 26 Jan 2023 03:06
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item
View Item