Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 02 DONGOS

RINI ROHMAYANTI, 171330000022 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 02 DONGOS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000022 _COVER.pdf]
Preview
Text
171330000022 _COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000022 _BAB I.pdf] Text
171330000022 _BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 171330000022 _BAB II.pdf] Text
171330000022 _BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 171330000022 _BAB III.pdf] Text
171330000022 _BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000022 _BAB IV.pdf] Text
171330000022 _BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000022 _BAB V.pdf] Text
171330000022 _BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[thumbnail of 171330000022 _DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000022 _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000022 _LAMPIRAN.pdf] Text
171330000022 _LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 02 Dongos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan tipe One group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan ganda yang sudah divalidkan sebanyak 25 soal yang digunakan untuk soal pretest dan posttest. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretest adalah 40,38 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 84,38. Pada uji normalitas dengan n = 21 pada taraf signifikansi 0,05 maka uji normalitas menunjukkan data pretest 0,200 > 0,05 sedangkan pada posttest menunjukkan 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa analisis normalitas dari data nilai pretest dan posttest dinyatakan berdistribusi normal. Sedangkan dari hasil uji gain maka nilai gain mencapai 0,73 yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis uji paired sample t test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 26 menunjukkan bahwa pengujian hipotesis uji didapatkan hasil t hitung 30,125 sedangkan nilai t tabel dengan df (20) pada taraf signifikansi 5 % adalah 2,086. Oleh karena itu t hitung > t tabel (30,125 > 2,086) dan nilai sig. (2-tailed) signifikansinya lebih kecil daripada 0,05 (0,00 < 0,05) hal ini menunjukkan bahwa Hₒ ditolak dan Ha diterima, dengan demikian maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 02 Dongos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pair Check, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:03
Last Modified: 26 Jan 2023 03:03
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item
View Item