Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVIERSAL QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS SD NEGERI 03 MENGANTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ZULFAA MUYASSAROH, 171330000030 (2022) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVIERSAL QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS SD NEGERI 03 MENGANTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000030_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000030_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000030_BAB I.pdf] Text
171330000030_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 171330000030_BAB II.pdf] Text
171330000030_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 171330000030_BAB III.pdf] Text
171330000030_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000030_BAB IV.pdf] Text
171330000030_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000030_BAB V.pdf] Text
171330000030_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[thumbnail of 171330000030_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000030_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000030_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini dikarenakn guru sering menggunakan metode kooperatif siswa diminta untuk berdiskusi. Sehingga mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Akan tetapi siswa yang kurang berprestasi cenderung bergantung dengan siswa yang berprestasi, siswa yang kurang berprestasi mendapatkan nilai rata-rata setara dengan siswa yang berprestasi. Penelitian ini fokus pada hasil belajar kognitif siswa dengan bantuan model active learning tipe role reviersal question. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model ative learning tipe role reviersal question terhadap hasil belajar tematik kelas V SDN 3 Menganti Kedung Jepara tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 3 Menganti Kedung Jepara dengan populasi penelitian berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 14 lai-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanan selama 6 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah model active learning tipe role reviersal question. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penlitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa nilai rata-rata pretest sebesar 63,74 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 87,75. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,940 lebih besar dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model active learning tipe role reviersal question terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla C.A., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Active Learning Tipe Role Reviersal Question, Tematik, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:59
Last Modified: 26 Jan 2023 02:59
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item
View Item