Search for collections on Publications

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD NEGERI 4 TROSO

ADITIAS AFRIYANTO, 171330000107 (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD NEGERI 4 TROSO. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171330000107_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000107_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000107_BAB I.pdf] Text
171330000107_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 171330000107_BAB II.pdf] Text
171330000107_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171330000107_BAB III.pdf] Text
171330000107_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000107_BAB IV.pdf] Text
171330000107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000107_BAB V.pdf] Text
171330000107_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 171330000107_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000107_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of 171330000107_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000107_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar.. Selain itu, pembelajaran hanya terpaku pada buku paket sehingga siswa tidak memiki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan. Tidak adanya penggunaan alat peraga, sehingga pembelajaran terasa monoton dan sedikit kaku. Fokus penelitian ini pada hasil belajar siswa yang menggunakan media video animasi (siklus air). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media video animasi (siklus air) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Troso Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain penelitian one group pretest and posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 4 Troso. Subjek/sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes soal pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 19 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata yaitu 85,12 dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata yaitu 70,93. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Troso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:08
Last Modified: 26 Jan 2023 02:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item
View Item