ULFA MEILA ELFIANA, 171330000063 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK ALIM (Alat Indra Manusia) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 TUNAHAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000063_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000063_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000063_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
171330000063_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171330000063_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171330000063_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (399kB)
171330000063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
171330000063_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar. Pembelajaran hanya terpaku pada buku paket sehingga siswa tidak memiki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan. Tidak adanya penggunaan alat peraga, sehingga pembelajaran terasa monoton dan sedikit kaku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media Pop Up Book Alim (alat indra manusia) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Tunahan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain penelitian one group pretest and posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 4 Tunahan. Subjek/sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yaitu media Pop Up Book Alim (alat indra manusia) dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes soal pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan skor rata-rata sebesar 56,74 sedangkan saat posttest menggunakan media Pop Up Book Alim (alat indra manusia) hasil skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 77,79. Kenaikan hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest sebesar 21,05. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up Book Alim (alat indra manusia) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Tunahan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pop Up Book Alim (Alat Indra Manusia), Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 02:18 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 02:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4254 |