ADELIA RISTYANTI, 171330000102 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 01 BANYUMANIS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000035_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000035_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000035_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
171330000035_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171330000035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
171330000035_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (867kB)
171330000035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171330000035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah yang mana penyampaiannya hanya satu arah dari guru ke siswa, sehingga menyebabkan tidak adanya timbal balik antar siswa dengan guru dan guru hanya menggunakan media pembelajaran seadanya. Fokus penelitian ini pada motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT berbasis aplikasi Kahoot. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbasis aplikasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 01 Banyumanis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe quasi eksperimen. penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 01 Banyumanis. Subjek/sampel dalam penelitian ini berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT berbasis aplikasi Kahoot, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket pre-test dan post-test berupa pernyataan yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 20 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari motivasi belajar siswa pada saat pre-test menunjukkan skor rata-rata sebesar 47,8 sedangkan saat post-test (menggunakan model pembelajaran TGT berbasis aplikasi Kahoot) hasil skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 83,3. Kenaikan motivasi belajar siswa pada saat pre-test dan post-test sebesar 35,5. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbasis aplikasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 01 Banyumanis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Tgt, Aplikasi Kahoot, Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 02:17 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 02:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4252 |