DZURRIYATIN THOYYIBAH, 1711330000173 (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN 01 BUGEL KEDUNG JEPARA DI ERA PEMBELAJARAN NEW NORMAL. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000173_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000173_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000173_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
171330000173_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171330000173_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171330000173_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (649kB)
171330000173_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171330000173_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Guru merupakan sosok sentral dalam pendidikan, dimana kepribadian yang ditampilkan oleh guru akan mempengaruhi pembentukan karakter siswa karena pada dasarnya siswa SD adalah peniru ulung dari setiap apa yang dilihatnya. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang unggul agar dapat membentuk karakter siswa yang baik sesuai tujuan pendidikan. Penelitian ini selanjutnya akan difokuskan pada pembentukan karakter disiplin siswa, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di era pembelajaran new normal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto, sehingga dalam penelitian ini penulis tidak memberikan perlakuan apapun karena penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang sudah terjadi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara dengan subjek/populasi yang terdiri dari 19 siswa dimana terdapat 15 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah sampel jenuh karena populasi dalam penelitian kurang dari seratus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner yang digunakan untuk mengukur kompetensi kepribadian guru dan karakter disiplin siswa. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotsesis yang dilakukan menggunakan uji regresi sederhana yang memperoleh hasil bahwa nilai F hitung sebesar 45,171 dengan taraf signifikansi < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap karakter disiplin siswa di SDN 01 Bugel Kedung Jepara. Adapun prosentase pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap karakter disiplin siswa setelah dilakukan uji koefisien determinasi adalah 72,7%, dan sisanya sebesar 27,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter, Disiplin. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 06:32 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 06:32 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4248 |