PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KELING PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ABDULLOH HARIS KHOIRUN NASIR, 17330000197 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KELING PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1713300000197_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1713300000197_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
1713300000197_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
1713300000197_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1713300000197_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
1713300000197_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
1713300000197_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1713300000197_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pola asuh orang tua dan rendahnya hasil belajar matematika kelas IV di SDN 4 Keling yang masih di bawah KKM, hampir semua siswa mendapat nilai ≤ 60. Hal tersebut bisa dikarenakan kurang adanya perhatian khusus dari orang tua untuk mengingatkan belajar, mengingat pola asuh merupakan salah satu faktor eksternal dalam keberhasilan belajar anak.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN 4 Keling tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto.Subjek/populasi penelitian sebanyak 18 siswa. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar matematik siswa, sedangkan variabel independennya adalah pola asuh orang tua. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 26.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket mendapat nilai pola asuh permisif 66%, pola asuh demokratis 72 %, dan pola asuh permisif 83% , hasil belajar matematika mendapat nilai dengan rata-rata kelas 52. Hal tersebut diperkuat dengan uji-f diperoleh nilai signifikan) < 0,05 atau 0,021 < 0,05 dan perolehan nilai R square 0,539 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebanyak 53,9% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar Siswa, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:02
Last Modified: 24 Jan 2023 04:02
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item