RIFATUS SAADAH, 161330000003 (2022) PROFESIONALISME GURU PNS SERTIFIKASI DAN NON-SERTIFIKASI DI SD NEGERI 4 CEPOGO KEMBANG JEPARA (Studi Kasus Guru Kelas V Dan VI). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
161330000003_COVER.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
161330000003_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
161330000003_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
161330000003_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
161330000003_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
161330000003_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
161330000003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (836kB) | Preview |
|
![]() |
Text
161330000003_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui profesionalisme guru PNS sertifikasi kelas VI di SD Negeri 4 Cepogo Kembang Jepara. (2) Untuk mengetahui profesionalisme guru PNS non-sertifikasi kelas V di SD Negeri 4 Cepogo Kembang Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PNS sertifikasi telah memiliki profesionalisme yang baik. ditunjukkan dengan kompetensi pedagogik guru dapat mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran, kompetensi kepribadian guru disiplin waktu, kompetensi sosial guru dapat berinteraksi dengan baik dan kompetensi profesional guru aktif dalam kegiatan ilmiah. Hasil angket siswa mengenai profesionalisme guru kelas VI menunjukkan 85,6% dengan kriteria sangat baik. profesionalisme guru PNS non-sertifikasi tergolong baik walaupun ada beberap indikator dalam kompetensi yang belum dipenuhi. Kompetensi pedagogik guru memberikan pelayanan yang baik kepada siswa, kompetensi kepribadian guru disiplin waktu, kompetensi sosial guru dapat menerima kritik dan saran, kompetensi profesional guru sering mengikuti seminar. Hasil angket siswa mengenai profesionalisme guru kelas V menunjukkan 74,8% dengan kriteria baik. Ada beberapa faktor yang mengahmbat profesionalisme guru PNS sertifikasi yaitu guru belum memahami standar kompetensi guru. Sedangkan penghambat guru PNS non-sertifikasi yaitu kualifikasi pendidikan guru belum S1.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Husni Mubarok, M.Pd. Pembimbing II : Erna Zumrotun, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme, PNS, Sertifikasi, Non-sertifikasi. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:13 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |