STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI MASA PANDEMI PADA KELAS I SD NEGERI 1 BAWU JEPARA

ILMAN HANAFI DESTIAN, 171330000077 (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI MASA PANDEMI PADA KELAS I SD NEGERI 1 BAWU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000077_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000077_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000077_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
171330000077_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000077_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
171330000077_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
171330000077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000077_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu dari aspek berbahasa yang terpenting yang harus dipelajari oleh siswa terutama mereka yang berada di jenjang sekolah dasar. Keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh penguasaan kemampuan membaca siswa di tingkat permulaan. Dampak virus COVID-19 terutama dibidang Pendidikan, membuat siswa kelas 1 yang belum dapat membaca dengan baik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru lewat pembelajaran daring. Guru perlu menerapkan strategi yang tepat untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membacanya. Maka dari itu, Ibu Dina mengambil langkah berani untuk menerapkan strategi yaitu dengan mengadakan “Les Membaca”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri 1 Bawu Jepara. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam strategi meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri 1 Bawu Jepara.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti adalah guru kelas dan siswa kelas I SD Negeri 1 Bawu Jepara. Tujuannya untuk memperoleh gambaran nyata yang terjadi dilapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci. Teknik ppengumpulan data dilaksanakan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa yaitu mengadakan “Les Membaca” yang terdiri dari dua komponen utama. Yaitu a) Perencanaan strategi yang terdiri dari persiapan guru, materi yang disampaikan dan metode serta media yang digunakan. b) Pelaksanaan Stategi yang terdiri dari langkah-langkah dan partisipasi siswa. 2) Faktor Pendukung strategi adalah orang tua, kebijakan sekolah, dan tersedianya media pembelajaran. Faktor penghambat strategi adalah internal dalam diri siswa dan terbatasnya waktu pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Membaca Permulaan, Pandemi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:04
Last Modified: 24 Jan 2023 03:04
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item