AVELIA AYU DIAH LESTARI, 171330000091 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 3 MINDAHAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171330000091_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171330000091_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000091_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
171330000091_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171330000091_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
171330000091_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
171330000091_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171330000091_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Banyak siswa yang beranggapan bahwa Matematika sulit dipelajari. Khususnya siswa kelas II SDN 3 Mindahan Batealit Jepara yang mengalami kesulitan belajar kognitif dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah kelas II SDN 3 Mindahan Batealit Jepara? dan 2) Apakah faktor penyebab kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah kelas II SDN 3 Mindahan Batealit Jepara?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah serta faktor penyebab kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah kelas II SDN 3 Mindahan Batealit Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjeknya yaitu siswa-siswi kelas II dan guru kelas II SDN 3 Mindahan Batealit Jepara. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 siswa teridentifikasi mengalami kesulitan belajar kognitif dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah. Jenis kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah terdiri dari kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan berhitung dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor penyebab kesulitan belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap siswa dalam pembelajaran Matematika materi bilangan cacah, motivasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal serta kemampuan pengindraan yang masih kurang. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya variasi mengajar guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran, kondisi lingkungan keluarga yang kurang mendukung serta kondisi lingkungan kelas yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan Cacah. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:02 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4236 |