HENIK KRISTIYANTI, 171330000061 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERBAKAS PADA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
171330000061_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000061_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
171330000061_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
171330000061_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
171330000061_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
![]() |
Text
171330000061_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
171330000061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000061_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Hasil pra penelitian melalui wawancara dengan guru pengampu IPA kelas V SDN 1 Bulungan, diketahui bahwa hasil belajar IPA terutama materi peredaran darah manusia kurang maksimal. Salah satunya disebabkan karena, keterbatasan media pembelajaran dan kurang optimal pemanfaatan fasilitas sekolah. Sehingga, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Bulungan, dalam mempelajari materi peredaran darah manusia.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengembangan media BERBAKAS, mengetahui kelayakan media BERBAKAS dan untuk mengetahui keefektifan media BERBAKAS pada materi peredaran darah manusia mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Bulungan.Jenis Penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, uji coba pemakaian. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan siswa dan guru, angket validator, angket respon siswa, serta pretest dan post test. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest Post Test Design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media BERBAKAS pada Materi Peredaran Darah Manusia dinyatakan layak oleh ahli media 94,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi 94,6% dengan kriteria sangat layak, ahli praktisi 97,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar pretest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan 0,69 dengan kategori sedang, post test mengalami peningkatan 0,59 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media BERBAKAS.
Kesimpulannya media BERBAKAS pada materi peredaran darah manusia yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Bulungan. Media BERBAKAS baiknya dikembangkan hingga uji coba lapangan. Sehingga dapat diproduksi secara masal dan memberikan motivasi kepada tenaga pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media, Bahan Barang Bekas, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:01 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |