ADNI FARIDA, 171110002228 (2022) PENGARUH MARKET ORIENTATION, ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MARKETING PERFORMANCE (Studi UMKM Makanan Dan Minuman Di Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 171110002228_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 171110002228_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB)
3. 171110002228_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
4. 171110002228_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
5. 171110002228_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
6. 171110002228_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung perekonomian negara Indonesia. Berdasarkan data survei dari Badan Pusat Statistik (BPS),sektor makanan dan minuman yang paling banyak berkontribusi terhadap PDB. Namun,Pandemi Covid 19 berdampak besar pada penurunan perekonomian nasional. Dampak Pandemi tidak hanya pada sektor manufaktur,tetapi juga terhadap sektor UMKM.
Di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Jepara,hampir seluruh pengusaha terdampak krisis ekonomi termasuk UMKM. Dampak dari pandemi terdapat penurunan omset penjualan di sektor makanan dan minuman.meski bertambah pelaku UMKM disektor makanan dan minuman namun tidak mempengaruhi omset penjualan. Hal ini juga menunjukan semakin bertambahnya persaingan. Beberapa studi terdahulu menunjukkan bahwa marketing performance dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu market orientation, entrepreneurship orinetation dan digital marketing. Atas dasar tersebut, maka peneliti berupaya mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap marketing performance UMKM Makanan dan Minuman di jepara. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh market orientation, entrepreneurship orientation dan digital marketing terhadap marketing performance UMKM Makanan dan Minuman di Jepara.
Jenis penelitian ini yakni kuantitatif, populasi pelaku UMKM Makanan dan Minuman diJepara, sampel yang diambil dari populasi berjumlah 120 yang ditentukan menggunakan rumus slovin untuk pengambilan sampel menggunkan teknik probability sampling dengan teknik sampel Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden, untuk pengolahan data menggunakan alat SPSS versi 22. Analisis yang digunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini mendapatkan bahwasannya market orientation tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap marketing performance ditunjukkan dengan hasil uji t hitung -1.012 < t tabel 1.98027 dan nilai signifikan 0.314 > 0.050. Entrepreneurship Orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap marketing performance ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 2.290 > t tabel 1.98027 dan nilai signifikan 0.024 < 0,50. Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap marketing performance ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 6.859 > t tabel 1.98027 dan nilai signifikan 0,000 < 0,50.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. H. Samsul Arifin, S.E., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Market Orientation, Entrepreneurship Orientation Dan Digital Marketing, Marketing Performance. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338 Ekonomi Industri > 338.4 UMKM 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:39 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:39 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4213 |