FITALIA ISANDRA, 171110002156 (2021) PERAN FINANCIAL TECHNOLOGY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA KEUANGAN KSPPS BMT AL HIKMAH SEMESTA DI KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
NIM. 171110002156_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
NIM. 171110002156_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
NIM. 171110002156_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (409kB)
NIM. 171110002156_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
NIM. 171110002156_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
NIM. 171110002156_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
NIM. 171110002156_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
NIM. 171110002156_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara adalah salah satu lembaga alternatif yang menghimpun dana langsung dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan pada usaha kecil dan menengah yang berprinsip secara syariah di daerah Jepara dan sekitarnya.
Tujuan penelitian ini (1) Untuk menganalisis peran Financial Technology dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja keuangan pada KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara. (2) Untuk menganalisis tanggapan dari perspektif nasabah KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara terhadap adanya FinTech (Financial Technology).
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), observasi (pengamatan), dokumen dengan narasumber karyawan serta nasabah KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara.
Hasil Penelitian ini adalah bahwa financial technology (Pay BMT) sejauh ini digunakan untuk sebatas beli pulsa listrik, melihat saldo serta transfer anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara. Namun untuk kedepannya, pihak anggota menginginkan peningkatan fitur-fitur dalam aplikasi FinTech yang digunakan. Untuk itu, pihak BMT sendiri sedang berjuang mewujudkan keinginan dari para anggotanya, dengan merencanakan penciptaan aplikasi yang bernama Aplikasi Pay BMT di tahun 2019 ini. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi dua arah sehingga anggota/nasabah bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran sehari-hari menggunakan saldo mereka masing-masing. Walaupun begitu, untuk pembayaran setor tabungan tetap dilakukan oleh petugas AO / Marketing dari pihak BMT. Dengan begitu, keberadaan FinTech yang menjadikan inovasi keuangan model terbaru di Indonesia, khususnya di KSPPS BMT Al Hikmah Semesta di Kabupaten Jepara telah memberikan kemudahan baik bagi AO/Marketing dan para anggota dalam melakukan proses setor tabungan, sehingga menimbulkan sikap mendukung dengan adanya Aplikasi Pay BMT, dan kemudian merasa senang saat menggunakan layanan tersebut karena dirasa penggunaannya lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Anna Widiastuti, S.E., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Financial Technology, Pay Bmt, Kualitas Pelayanan, Kinerja Keuangan. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 334 Koperasi 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2023 04:26 |
Last Modified: | 21 Jan 2023 04:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4206 |