RETNO JULIANI, 131110000667 (2015) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMAMPUAN DOSEN, MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN INTRINSIK MAHASISWA, SERTA LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA (Studi Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.
131110000667_COVER.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
131110000667_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
131110000667_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (324kB)
131110000667_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
131110000667_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (519kB)
131110000667_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
131110000667_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Setiap tahun mahasiswa yang kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara semakin meningkat, akan tetapi setiap tahun Indek Prestasi Kumulatif (IPK) antara 3,00-4,00 mengalami penurunan. Untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa maka diperlukan semangat belajar, karena dengan semangat akan mendorong mahasiswa untuk belajar lebih baik daripada belajar tanpa semangat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi semangat belajar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian “ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMAMPUAN DOSEN, MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN INTRINSIK MAHASISWA, SERTA LINGKUNGAN BELAJAR
MAHASISWA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA” (Studi
pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor kemampuan dosen, motivasi belajar ekstrinsik dan intrinsik mahasiswa, serta lingkungan belajar mahasiswa terhadap semangat belajar mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif prodi Manejemen dan Akuntansi angkatan 2011, 2012, dan 2013 sebanyak 614 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa perhitungan menggunakan rumus Slovin, dan menggunakan metode proportional sampling. Alat analisis penelitian meliputi : regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Dari analisis regresi diperoleh persamaan Y = 5,481 + 0,278 + 0,823 + 0,647 + 0,987 mengandung arti bahwa variabel kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap semangat belajar. Berdasarkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,659 menunjukkan 65,9% perubahan semangat belajar dipengaruhi kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar, sedangkan 34,1% disesbabkan oleh indikator lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Ada pengaruh antara masing-masing variabel terhadap semangat belajar dikarenakan masing-masing variabel lebih besar dari (1,665). Secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar terhadap semangat belajar, dibuktikan lebih besar dari ( 39,658 > 2,49 ).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Nurul Komaryatin, S.E., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Semangat Belajar Mahasiswa, Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik, Motivasi Belajar Intrinsik, dan Lingkungan Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:26 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4144 |