TEGUH MAROZI, 131110000527 (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi pada Sentra Patung desa Mulyoharjo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.
131110000527_COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
![[thumbnail of 131110000527_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000527_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
![[thumbnail of 131110000527_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000527_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (68kB)
![[thumbnail of 131110000527_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000527_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (19kB)
![[thumbnail of 131110000527_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000527_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB)
![[thumbnail of 131110000527_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000527_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
131110000527_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Setiap IKM seni patung dan ukir Mulyoharjo memiliki kemampuan produksi dan hasil produk yang berbeda-beda. Pada aspek pemasaran, awalnya pangsa produk industry seni patung dan ukir baru sebatas pasar-pasar tradisional, namun saat ini beberapa produk seni patung dan ukir telah mampu dijual hingga tingkat pasar internasional. Namun system pemasaran belum seluruhnya bersifat langsung, masih sering mempergunakan trading/agen keluar negeri, karena pengusaha belum memiliki jaringan Namun demikian sistem ini mempunyai kelemahan antara lain harga penjualan dari pengusaha ke trading menjadi lebih rendah dari harga pasar, sistem pembayaran dari trading ke pengusaha menjadi lebih lambat, sehingga para pengusaha haus menutupi terlebih dahulu seluruh biaya produksi termasuk upah tenaga kerja. Hal ini juga ikut mempengaruhi lamanya proses produksi. Disamping itu model pemasaran yang digunakan masih sangat konvensional yaitu bersifat menunggu (pasif) pesanan konsumen (buyer). Untuk menganalisis efektivitas strategi pengembangan usaha kecil menengah di Sentra Patung desa Mulyoharjo Jepara dan kendala apa yang dihadapi dalam menerapkan strategi pengembangan usaha kecil menengah di Sentra Patung desa Mulyoharjo Jepara dan bagaimana cara mengatasinya. Maka penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuat gambaran, deskripsi dan lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian ternyata strategi pendekatan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap kemandirian ekonomi wilayah karena pendekatan sentra patung Mulyoharjo dikembangkan secara kelompok sehingga lebih mempermudah dalam merumuskan kebijakan dan pengalokasian sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sentra.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Samsul Arifin, S.E.,M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengembangan Dan Sentra. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338 Ekonomi Industri > 338.4 UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:20 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4139 |