MUHAMMAD SUKOCO, 131310002021 (2015) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK (Studi Komparasi Pada Pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310002021_COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
![[thumbnail of 131310002021_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310002021_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (481kB)
![[thumbnail of 131310002021_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310002021_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (856kB)
![[thumbnail of 131310002021_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310002021_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (459kB)
![[thumbnail of 131310002021_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310002021_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
![[thumbnail of 131310002021_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310002021_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB)
131310002021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; Apa yang dimaksud dengan pendidikan akhlak. Seberapa penting pendidikan akhlak pada anak. Bagaimana perbandingan pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih tentang pendidikan akhlak pada anak.
Skripsi ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif murni atau literer, sehingga penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan pengolahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan metode komparatif. Hasil penelitian menemukan bahwa ternyata antara imam Al-Ghazali dengan Ibnu Miskawaih tentang pendidikan akhlak pada anak ternyata memiliki banyak kesamaan, namun pembahasan Al-Ghazali mengenai pendidikan akhlak pada anak lebih lengkap karena disertai dengan argumentasi-argumentasi dan cara-cara untuk mencapainya. Pendidikan akhlak merupakan usaha sadar untuk membimbing dan menuntun kondisi jiwa khususnya agar dapat menumbuhkan akhlak dan kebiasaan yang baik sesuai dengan aturan akal manusia dan syari’at agama. Dalam siklus kehidupan manusia, masa kanak-kanak adalah masa yang paling penting dan sangat menentukan untuk masa selanjutnya. Sebab, seorang anak pada hakekatnya telah tercipta dan terlahir dalam keadaan suci dengan bakat kemampuan untuk menerima kebaikan maupun keburukan. Kedua orang tuanyalah yang membuatnya cenderung kearah salah satu dari keduanya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'adullah Assa'idi, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:26 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4106 |