MAFTUHAH ULFA, 131310002229 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL DIGITAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM DARURROHMAN JONDANG KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310002229_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
131310002229_BAB-I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
131310002229_BAB-II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (682kB)
131310002229_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
131310002229_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
131310002229_BAB-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
131310002229_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah sebagai suatu aktivitas mengajar dan belajar yang di dalamnya terdapat dua subyek yaitu guru (pendidik) dan siswa sebagai peserta didik. Tugas dan tanggung jawab utama dari seorang guru adalah menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, kreatif, dinamis, dan menyenangkan. Kondisi yang tidak seperti itu menyebabkan aktivitas siswa kelas VIII SMP Islam Darurrohman dalam pembelajaran kurang dan sebagai hasilnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini dibuktikan dari 33 siswa, 18 diantaranya mengalami ketuntasan belajar dengan nilai lebih dari samadengan KKM yaitu 70. Dan hanya 15 siswa yang mengalami ketidaktuntasan belajar dengan nilai di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penggunaan Penerapan Model Pembelajaran Presentasi Digital diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Islam Darurrohman?".
Tujuan penelitian adalah untuk memberi pengaruh dan meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan Model Pembelajaran presentasi Digital pembelajaran di kelas VIII SMP Islam Darurrohman.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Islam Darurrohman Jondang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan, yaitu pada akhir siklus 1 jumlah skor 35.5 dengan kategori tinggi, pada akhir siklus 2 jumlah skor 41,5 dengan kategori tinggi dan pada akhir siklus 3 jumlah skor 48 dengan kategori Tinggi. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada akhir siklus 1 jumlah skor rata-rata yang diperoleh 16,6 dengan kategori cukup, pada akhir siklus 2 skor rata-rata meningkat mencapai17,6 dengan kategori tinggi dan pada akhir siklus 3 skor rata-rata meningkat mencapai 18.25 dengan kategori tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 40%. Setelah dilaksanakan tindakan mengalami peningkatan pada akhir siklus 1 ketuntasan belajar 64.45%, pada akhir siklus 2 ketuntasan belajar 73.5% dan pada akhir siklus 3 ketuntasan belajar 100% dengan KKM ≥ 70
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran TUTORIAL Digital dapat meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Penerapan, Tutorial Digital. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:52 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:52 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4105 |