Search for collections on Publications

STUDI TENTANG PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI TERPADU IBNU SINA KEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

BASTIYAN NURSI, 131310001028 (2015) STUDI TENTANG PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI TERPADU IBNU SINA KEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310001028_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001028_COVER.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 131310001028_BAB I.pdf] Text
131310001028_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of 131310001028_BAB II.pdf] Text
131310001028_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of 131310001028_BAB III.pdf] Text
131310001028_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of 131310001028_BAB IV.pdf] Text
131310001028_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of 131310001028_BAB V.pdf] Text
131310001028_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of 131310001028_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences di MI Terpadu Ibnu Sina Kembang tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan studi lapangan pada siswa MI Terpadu Ibnu Sina Kembang dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan penuntasan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap prasiklus sebesar 48,40%, pada siklus I sebesar 83,80%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Nilai rata-rata hasil siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pada tahap pra siklus sebesar 62, siklus I sebesar 72, dan pada siklus II naik menjadi 81. Hal ini berarti, target yang ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai 85% dan nilai rata-rata siswa sebesar 65 sudah tercapai.
Aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Dengan strategi ini guru mudah merangsang keaktivan siswa melalui kerjasama antar kelompok. Guru juga mudah memantau aktivitas siswa sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini dapat terlihat dari prasiklus, siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar: 45,48%, 63,38%, dan 82,50%. Dengan begitu target yang ingin dicapai telah terpenuhi yaitu prosentase aktifitas siswa sebesar 80%.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran akidah akhlak melalui strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Adanya peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dan prosentase ketuntasan belajar siswa.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:51
Last Modified: 17 Jan 2023 01:51
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item
View Item