TURAEKHAN, 131310000622 (2016) PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALIM TAHUN 1238 H. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000662_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000662_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (329kB)
131310000662_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
131310000662_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (649kB)
131310000662_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
131310000662_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
131310000662_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Pendidikan akhlak adalah suatu upaya untuk meningkatkan perkembangan pikir, rasa, karsa, karya, cipta dan hati nurani pelajar agar mampu menilai dan menentukan untuk selanjutnya menetapkan dan memiliki akhlak al karimah dengan senantiasa mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam. akhlak sebagai suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang berbuat dengan mudah, tanpa melalui proses pemikiran atau pertimbangan (kebiasaan sehari-hari). KH.Hasyim Asy‟ari salah satu tokoh besar yang memberikan pemahamannya tentang pendidikan Islam terlebih dalam pendapatnya tentang pendidikan Akhlak, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH Hasyim Asy‟ari. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: Bgaimana konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asy‟ari?, Bagaimana implikasi pendidikan akhlak menurut Hasyim Asy‟ari dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah kitab Adab al-Alimwa al-Muta‟allim, dan sumber sekundernya adalah kitab Ta‟limul Muta‟allim, serta buku-buku lain yang bersangkutandan relevan. Karakteristik pemikiran beliau dapat digolongkan dalam corak praktis yang tetap berpegang teguh pada al-Qur‟an dan hadis. Kecenderungan lain dalam pemikiran beliau adalah mengetengahkan nilai-nilai etis yang bernafaskan sufistik. Pendidikan akhlak yang ditekankan beliau dapat diklarifikasikan menjadi dua, yakni: pertama akhlak kepada Allah, guru dan murid dalam prosesi belajar mengajar diniatkan kepada Allah, menyerahkan semua urusan kepada Allah, dan sabar dengan segala kondisi dirinya. Kedua akhlak kepada sesame manusia, paling tidak terhadap teman sesamanya harus saling meghormati dan menghargai satu sama lain. Dengan optimalisasi guru dan murid, konsep beliau berusaha membuat dasar pembangunan masyarakat yang berakhlak religious melalui 6 pembinaan individu. Dari sini diharapkan akan terwujud sebuah tatanan masyarakat yang berakhlak tinggi dan berbudi pekerti yang luhur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'adullah Assa'idi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, KH. HasyimAsy’ari. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:48 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4103 |