TAUFIQUL MUQORROBIN, 131310000365 (2016) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG MEMPUNYAI ORANG TUA BEKERJA DI PERANTAUAN DAN YANG TIDAK KELAS VI SD NEGERI 2 SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000365_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 131310000365_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000365_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (130kB)
![[thumbnail of 131310000365_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000365_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (207kB)
![[thumbnail of 131310000365_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000365_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
![[thumbnail of 131310000365_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000365_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
![[thumbnail of 131310000365_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000365_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
131310000365_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil prestasi belajar PAI siswa kelas VI di SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa Kelas VI di SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui adakah perbandingan prestasi belajar PAI antara siswa yang mempunyai orang tua bekerja di perantauan dan yang tidak siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode angket,observasi dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 167 siswa, yang diambil 17% (28 Siswa) dengan cara sampel wilayah (area probability sample) dan penelitian ini adalah penelitian sampel.
Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Bahwa siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang ditinggal merantau oleh orang tuanya membawa dampak psikologi anak dan mempengaruhi hasil nilai mean / rata-rata prestasi belajar dengan nilai 83,9 berada diinterval kategori 81 – 83. Dengan demikian Siswa Yang Mempunyai Orang Tua Bekerja Diperantauan Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung dikatakan dengan kategori interprestasi cukup. siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang mempunyai orang tua yang bekerja dirumah dapat dilihat hasil perbandingan nilai mean / rata-rata prestasi belajar dengan nilai 84,5 berada diinterval kategori 84 – 86. Dengan demikian Siswa Yang Mempunyai Orang Tua Bekerja Dirumah Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung dikatakan dengan kategori interprestasi baik. Perbandingan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor yang ditinggal Merantau oleh orang tuanya dan yang tidak, terbukti dengan hasil yang dicapai nilai rata-rata atau mean siswa yang ditinggal merantau oleh orang tuanya mempengaruhi hasil nilai mean / rata-rata prestasi belajar dengan nilai 83,9 berada diinterval kategori 81 – 83. Sedangkan nilai rata-rata atau mean siswa yang mempunyai orang tua bekerja dirumah dapat dilihat hasil perbandingan nilai mean / rata-rata prestasi belajar dengan nilai 84,5 berada diinterval kategori 84 – 86. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa angka indeks korelasi “r” Product Moment yang diperoleh adalah sebesar 1,00. Hasil tersebut diukur dengan analisa. Pada analisa sederhana, nilai “r” sebesar 1 berada lebih banyak pada r table 1% dan 5% yang berarti bahwa ada korelasi (ada hubungan yang positif) antara kedua variabel tersebut. Dengan analisa yang diperoleh melalui rumus Product Moment dengan memeriksa tabel “r” Product Moment menunjukkan ro lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Maka dari kedua analisa penguji hipotesis di atas dapat di interprestasikan bahwa hipotesa penelitian ini mengatakan “Ada Perbandingan Signifikan Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa yang ditinggal Merantau oleh orang tuanya dan yang tidak di Kelas VI SD Negeri 2 Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017” dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Merantau dan Prestasi belajar. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:28 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4099 |