SISKA OKTI EMELIANA, 131310000608 (2017) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA MENURUT MASNUR MUSLICH TAHUN 2014. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000608_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 131310000608_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000608_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
![[thumbnail of 131310000608_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000608_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
![[thumbnail of 131310000608_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000608_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
![[thumbnail of 131310000608_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000608_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
![[thumbnail of 131310000608_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000608_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
131310000608_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana membangun karakter keluarga menurut Masnur Muslich dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Karakter Menjawab Krisis Multidimensional?, bagaimana implementasi konsep pendidikan karakter menurut Masnur Muslich?, dan bagaimana membangun karakter keluarga melalui aqidah dan akhlak?
Jenis penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan. Sumber data yang mendukung dalam penelitian ini adalah penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan pendidikan karakter keluarga.
Untuk membangun pendidikan karakter dalam sebuah keluarga ada beberapa hal yang perlu ditanamkan diantaranya adalah: Pertama adalah penanaman nilai kerukunan. Kedua, adalah penanaman nilai ketakwaan. Ketiga adalah nilai toleransi. Keempat yang dapat ditanamkan dalam pendidikan karakter keluarga adalah kebiasaan sehat.
Implementasi Konsep pendidikan karakter menurut Masnur Muslich dapat dilaksanakan dengan pengintegrasian kegiatan sehari-hari dan pengintegrasian kegiatan terprogram.
Untuk membangun manusia yang memiliki nilai-nilai karakter yang agung seperti dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional perlu ditopang oleh tiga bagian, yaitu bagian aqidah (keyakinan), bagian syari’ah (aturan-aturan hukum tentang ibadah dan muamalah), dan bagian akhlak (karakter).
Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan informasi bagi segenap civitas akademika UNISNU Jepara, rekan-rekan peneliti, praktisi pendidikan, orang tua, dan stake holder yang berhubungan dengan pendidikan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:27 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4098 |