Search for collections on Publications

APLIKASI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI MANAHIJUL ULUM PLAOSAN CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SHOLIHUN, 13130001605 (2017) APLIKASI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI MANAHIJUL ULUM PLAOSAN CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310001605_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001605_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310001605_BAB I.pdf] Text
131310001605_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of 131310001605_BAB II.pdf] Text
131310001605_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of 131310001605_BAB III.pdf] Text
131310001605_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of 131310001605_BAB IV.pdf] Text
131310001605_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of 131310001605_BAB V.pdf] Text
131310001605_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of 131310001605_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001605_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN -LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN -LAMPIRAN.pdf - Updated Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui aplikasi metode role playing dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam aplikasi metode role playing dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati.
Metode yang peneliti Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang didasarkan pada penjelasan-penjelasan atau pun ciri-ciri tertentu yang menjadi obyek penelitian. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jeapara, sedangkan obyek penelitiannya adalah siswa, Guru dan karyawan MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati.
Peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut : Bagaimanakah aplikasi metode role playing dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI. MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati ? . Apa faktor pendukung dan penghambat dalam aplikasi metode role playing dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak ?.
Hasil penelitian diperoleh dari analisis data, penulis menggunakan analisis kualitatif untuk menganalisis data. Jenis data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang tidak dapat diukur secara langsung. Dari paparan peneliti di atas jelas bahwa hasil dari peran metode role playing dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak memberikan perbedaan yang signifikan dengan pemmbelajarn sebelumnya. Sebelum di terapkan metode role playing anak itu biasa-biasa saja nilai juga masih sangat minim tetapi setelah di terapkan metode bermain peran, meningkat nilainya. Perbedaan sangat besar, ada 40% peningkatannya dibandingkan sebelum menggunakan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih Di Kelas V MI. Manahijul Ulum Plaosan Cluwak, Aplikasi Metode Bermain Peran (Role Playing) Dengan Berbagai Cara. Diantaranya Yaitu Menyusun/Menyiapkan Skenario, Menunjuk Beberapa Siswa Untuk Mempelajari Materi Cara Wudlu Dan Sholat. Evaluasi Dan Menyimpulkan Apa Yang Di Pergakan.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:26
Last Modified: 16 Jan 2023 07:26
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item
View Item