NIKMATUL FITRIYAH, 131310000704 (2016) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MIFTAHUL HUDA SINANGGUL 1 MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000704_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000704_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
131310000704_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (494kB)
131310000704_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB)
131310000704_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
131310000704_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
Abstract
Penerapan strategi inkuiri untuk pembentukan karakter siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah serangkaian teknik, cara dan upaya yang terencana dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan menemukan jawaban dari sejumlah pertanyaan dan masalah dengan cara berfikir secara logis, kritis, analitis dan sistematis untuk mengembangkan sifat dan watak siswa melalui pembelajaran aqidah akhlak.
Penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui karakter yang dibentuk melalui penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
2. Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan strategi inkuiri untuk pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan strategi inkuiri untuk pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut:
1. Karakter yang dibentuk melalui penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017 adalah karakter ingin tahu, disiplin, mandiri, tekun, tanggungjawab, berpikir kritis dan analitis, serta jujur dan percaya diri.
2. Langkah-langkah penerapan strategi inkuiri untuk pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: orientasi, pengajuan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis dan penarikan kesimpulan.
3. Kelebihan dan kekurangan penerapan strategi inkuiri untuk pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017 antara lain:
a. Kelebihan: Penerapan strategi inkuiri mendorong siswa menjadi aktif, kritis, dan bermotivasi tinggi dalam kegiatan pembelajaran, dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing
b. Kekurangan : Penerapan strategi inkuiri agak sulit diterapkan bagi siswa dengan kecerdasan pas pasan, metode inkuiri agak sulit diterapkan di tingkat pendidikan dasar atau MI dimana dalam jenjang tersebut, siswa belum dapat mengembangkan kemampuan berfikirnya secara maksimal dan alokasi waktu pembelajaran di MI kurang mencukupi penerapan strategi inkuiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inkuiri, Karakter Siswa. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:26 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4095 |