MUHAMMAD ABDUL ROSYID, 131310000677 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 02 KALIWUNGU KUDUS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000677_COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
131310000677_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
B131310000677_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
131310000677_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
131310000677_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
131310000677_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
131310000677_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi guru agama dalam pendidikan agama islam, guru memegang peranan penting sekali dalam proses pendidikan, salah satu yang dilakukan guru adalah memberikan pelayanan kepada para siswa dalam pembelajaran dikelas dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasai, sehingga siswa mampu mencerna materi yang dibawakan oleh guru.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 02 Kaliwungu Kudus? (2) Bagaimana strategi guru agama dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 02 Kaliwungu Kudus? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 02 Kaliwungu Kudus?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (a) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanakan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 02 Kaliwungu Kudus. (b) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 02 Kaliwungu. (c) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi guru PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 02 Kaliwungu Kudus
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SDN 02 Kaliwungu Kudus. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif untuk data yang kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran PAI di SDN 02 Kaliwungu Kudus yaitu guru menerapkan perencanaan pembelajaran cukup baik, meliputi memperhatikan perencanaan kurikulum, memperhatikan kondisi riel sekolah dan siswanya dalam pembelajaran. (2) Strategi guru dalam melaksnakan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa di SDN 02 Kaliwungu. Yaitu dalam usahanya guru menggunakan strategi pememilihan materi belajar mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswanya, pemilihan materi belajar meliputi tujuan pengajaran, pentingnya bahan, nilai paraktis, tingkat perkembangan peserta didik dan tata urutan pembuatan pemilihan materi. (3) Evaluasi guru PAI untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa di SDN 02 kaliwungu. Yaitu dengan cara : (a) penilaian kelas (b) tes kemampuan dasar (c) Penilaian akhir (d) Penilaian Program (e) benchmarking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4093 |