Search for collections on Publications

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE IBTIDAI DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLAS LANGON TAHUN 2016

FITRI RATNA SARI, 131310000761 (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE IBTIDAI DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLAS LANGON TAHUN 2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000761_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000761_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000761_BAB I.pdf] Text
131310000761_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of 131310000761_BAB II.pdf] Text
131310000761_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of 131310000761_BAB III.pdf] Text
131310000761_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of 131310000761_BAB IV.pdf] Text
131310000761_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of 131310000761_BAB V.pdf] Text
131310000761_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of 131310000761_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000761_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji tentang Efektifitas Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon, mengingat kitab kuning merupakan sebuah khasanah keilmuan yang harus dipelajari dan dilestarikan agar tidak semakin tergerus oleh arus perubahan zaman serta IPTEK yang semakin berkembang. Maka untuk memudahkan dalam membaca kitab kunng, diperlukan suatu metode yang efektif serta mudah digunakan untuk belajar membaca kitab kuning. Metode yang digunakan tersebut adalah Metode Ibtidai, yakni metode yang praktis dan mudah, berasal dari metode sorogan yang kemudian dijadikan konsep baku agar semakin mudah untuk dipelajari.
Penelitian ini dilakukan dengan analisis terhadap Efektifitas Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, obsrvasi dan dokumentasi untuk mengetahui data yang terkait dengan penelitian. Dengan cara penulis datang langsung ke Lokasi untuk meneliti terkait Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Ibtidai terdapat tiga program yaitu (1) Program bagi Pasca TPQ, MADIN, SD/MI, (2) Program bagi yang di Asramakan (Mts/SMP, MA/SMA/SMK) dan (3) Program bagi yang Tidak di Asramakan (Lembaga Formal) (Mts/SMP, MA/SMA/SMK). Hal ini bertujuan agar generasi – generasi muda baik yang berada di pesantren maupun hanya sekolah Formal saja serta anak – anak pemula dapat membaca kitab kuning dengan mudah, lancar tanpa beban hafalan. Karena didalam Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Ibtidai tersebut sudah terdapat keterangan – keterangan kode makna, makna kitab, I’rob, murod serta syi’ir untuk memudahkan dalam memaknai kitab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:25
Last Modified: 16 Jan 2023 03:25
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item
View Item