MUHAMMAD FIKRI, 131310001834 (2017) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DAN PERILAKU KEAGAMAAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN-HADITS SISWA MA AL-FALAH MARGOYOSO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 131310001834_COVER.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
2. 131310001834_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
3. 131310001834_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
4. 131310001834_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB)
5. 131310001834_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB)
6. 131310001834_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
7. 131310001834_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 131310001834_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
Abstract
Upaya merealisasikan fungsi pendidikan nasional tersebut di atas, peserta didik harus dididik secara serius, penuh dedikasi dan selalu mengikuti rambu-rambu yang berlaku. Apabila pendidikan sudah dikelola dengan maksimal mungkin, maka prestasi belajar akan meningkat. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada anak, di antaranya adalah kecerdasan, minat belajar, cara belajar dan lingkungan sosial. Selain faktor-faktor di atas, ada satu hal yang tidak kalah penting dalam meningkatkan prestasi belajar, yaitu adanya perhatian orang tua terhadap anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dan perilaku keagamaan orang tua dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits Siswa MA al-Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Field Research yaitu research melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul datanya, dengan populasi sebesar 115 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa: 1) Tingkat bimbingan belajar al-Qur’an Hadits yang diberikan oleh orang tua terdadap siswa MA al-Falah termasuk dalam kategori baik dengan indikator nilai mean 56.27 yang masuk dalam interval 54 – 56 berkategori baik. 2) Tingkat perilaku keagamaan orang tua siswa MA al-Falah termasuk dalam kategori baik dengan indikator nilai mean 55.03 masuk dalam interval 54 – 56 berkategori baik. 3) Tingkat prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa MA al-Falah termasuk dalam kategori cukup dengan indikator nilai mean 70.67 masuk dalam interval 69 – 72 berkategori cukup. Dan (4) Korelasi yang diberikan oleh bimbingan belajar dan perilaku keagamaan orang tua terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa MA al-Falah adalah sebesar 0.463 dan nilai tersebut lebih besar dari besaran nilai Rtabel product moment dengan nilai N = 30 menurut taraf signifikansi 5% (0.349). Adapun besaran nilai Fhitung adalah 3.79949 yang nilainya lebih besar dari nilai Ftabel = 3.35, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar dan perilaku keagamaan orang tua dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa MA al-Falah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Belajar, Perilaku Keagamaan, Prestasi Belajar. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 03:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 03:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4078 |