NIKMATUL ULFA, 131310000579 (2017) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN MENURUT BAMBANG Q-ANEES DAN ADANG HAMBALI TAHUN 2008. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 131310000579_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 131310000579_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
3. 131310000579_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (632kB)
4. 131310000579_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (680kB)
5. 131310000579_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
6. 131310000579_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
7. 131310000579_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pendidikan karakter dalam Al-Qur’an.;(2) Bagaimana konsep pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an menurut Bambang Q-Anees dan Adang Hambali ;(3) Bagaimana implikasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an terhadap pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Penjelasan mengenai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an.;(2) Konsep pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an menurut Bambang Q-Anees dan Adang Hambali ;(3) Implikasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an terhadap pendidikan.
Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode induksi, deduksi dan Content Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an adalah akhlak Rasulullah.
Konsep pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an menurut Bambang Q-Anees, M.Ag. dan Drs. Adang Hambali, M.Pd. adalah dengan menggabungkan dua paradigma yaitu penggabungan antara paradigma yang memandang pendidikan karakter dalam cakupan pemahaman moral yang sifatnya lebih sempit (narrow scope to moral education) dan paradigma yang melihat pendidikan dari sudut pandang pemahaman isu-isu moral yang lebih luas. Paradigma ini memandang pendidikan karakter sebagai sebuah pedagogi, menempatkan individu yang terlibat dalam dunia pendidikan sebagai pelaku utama dalam pengembangan karakter. paradigma kedua memandang peserta didik sebagai agen tafsir, penghayat, sekaligus pelaksana nilai melalui kebebasan yang dimilikinya. Melalui gabungan dua paradigma ini, pendidikan karakter akan bisa terlihat dan berhasil bila kemudian seorang peserta didik tidak hanya memahami pendidikan nilai sebagai sebuah bentuk pengetahuan, namun juga menjadikan sebagai bagian dari hidup dan secara sadar hidup berdasar pada nilai tersebut.
Implikasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an menurut Bambang Q-Anees, M.Ag. dan Drs. Adang Hambali, M.Pd. adalah melalui empat metode yang menjadi dasar bagi seluruh pendidikan karakter, yaitu;(1) Pengalaman pembelajaran;(2) Refleksi;(3)Aksi;(4)Evaluasi. Ke empat masing-masing metode berisi penjelasan apa dan bagaimana sikap pendidik atau peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 03:38 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 03:38 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4076 |