PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGUPAYAKAN PERKEMBANGAN KUALITAS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI AL-ISLAM SARIPAN JEPARA (Studi Kasus Di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017)

AKFA MURTAFA’ATIN, 131310000663 (2017) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGUPAYAKAN PERKEMBANGAN KUALITAS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI AL-ISLAM SARIPAN JEPARA (Studi Kasus Di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 131310000663_COVER.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[img] Text
2. 131310000663_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
3. 131310000663_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
4. 131310000663_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
5. 131310000663_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
6. 131310000663_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
7. 131310000663_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text
8. 131310000663_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) 1. Bagaimanakah peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik kelas 6 di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 ?, (2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik kelas 6 di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 ?
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : (1) Untuk mengetahui peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik kelas 6 di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik kelas 6 di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Al-Islam Saripan Jepara.
Dari pembahasan teori dan hasil penelitian serta analisis data yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya maka, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : (1) Peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik kelas 6 di MI Al-Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah dengan membiasakan untuk membaca doa bersama, tahlil, Asmaul Husna dan Juz Amma secara bergantian sebelum jam pertama, Kepala Madrasah sering memberikan pembinaan kepada guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, memberikan solusi apabila guru menemui hambatan dan masalah selama proses pembelajaran, mewajibkan program khataman Al-Qur’an setiap bulan kepada guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan guru-guru lain, guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan metode yang tepat untuk proses pembelajaran, memberikan motivasi dan perhatian lebih kepada siswa yang tertinggal, guru dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada secara maksimal. (2). Faktor pendukung peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengupayakan perkembangan kualitas peserta didik adalah fasilitas gedung cukup baik, sarana dan prasarana yang memadai, Kepala Madrasah sangat memberi dukungan dan membantu guru-guru yang menghadapi kesulitan dalam pembelajaran, tersedianya guru khusus yang mengajar BTA dan SBA yang sudah mahir, para guru sering memberikan motivasi kepada siswa, anak-anak pada sore hari juga bersekolah di Madin Awaliyah, sedangkan faktor penghambatnya adalah anak-anak kota berbeda dengan anak-anak desa, kurangnya minat dan kemauan siswa untuk mempelajari baca tulis Al-Qur’an, lingkungan kota yang sangat kompleks serta identik dengan keramaian, adanya pengaruh teman sebaya, banyak anak-anak yang sudah kecantuan menonton televisi dan bermain gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Jan 2023 03:20
Last Modified: 15 Jan 2023 03:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item