SOIMATUN NISAK, 131310000431 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KHATH (Kaligrafi) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTS NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 131310000431 - COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
2. 131310000431 - BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
![]() |
Text
3. 131310000431 - BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
![]() |
Text
4. 131310000431 - BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
|
![]() |
Text
5. 131310000431 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
![]() |
Text
6. 131310000431 - BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
|
Text
7. 131310000431 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
Abstract
Kecermatan dan ketelitian seseorang yang ingin menjadi khattat sangat dibutuhkan untuk menerima keterangan dan gambaran materi pelajaran kaligrafi. Tidak sedikit siswa di MTs Nurul Islam yang tidak melanjutkan latihan kaligrafi, walaupun masih mengaguminya. Berbagai alasan yang diungkapkan, seperti bosan, lelah, banyak kegiatan lain sehingga tidak punya waktu untuk belajar kaligrafi, kecewa karena tidak mengalami peningkatan kualitas tulisan, atau bahkan kalah dalam ajang kompetisi, dan berbagai alasan lainnya. Minat yang dimaksud disini adalah kecenderungan dalam diri siswa untuk tertarik menulis ayat-ayat al-Quran sebagai proses latihan yang kompeten. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana tingkat pembelajaran Khath (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana tingkat keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Dan 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Khath (Kaligrafi) dalam meningkat-kan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik regresi sederhana.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. 2) Keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. Dan 3) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Khath, Keterampilan Menulis. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 745 Seni Dekorasi > 745.61 Pembuatan Kaligrafi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 03:17 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |