PENGARUH PEMBELAJARAN KHATH (Kaligrafi) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTS NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SOIMATUN NISAK, 131310000431 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KHATH (Kaligrafi) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTS NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 131310000431 - COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 131310000431 - BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
3. 131310000431 - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
4. 131310000431 - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
5. 131310000431 - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
6. 131310000431 - BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
7. 131310000431 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Kecermatan dan ketelitian seseorang yang ingin menjadi khattat sangat dibutuhkan untuk menerima keterangan dan gambaran materi pelajaran kaligrafi. Tidak sedikit siswa di MTs Nurul Islam yang tidak melanjutkan latihan kaligrafi, walaupun masih mengaguminya. Berbagai alasan yang diungkapkan, seperti bosan, lelah, banyak kegiatan lain sehingga tidak punya waktu untuk belajar kaligrafi, kecewa karena tidak mengalami peningkatan kualitas tulisan, atau bahkan kalah dalam ajang kompetisi, dan berbagai alasan lainnya. Minat yang dimaksud disini adalah kecenderungan dalam diri siswa untuk tertarik menulis ayat-ayat al-Quran sebagai proses latihan yang kompeten. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana tingkat pembelajaran Khath (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana tingkat keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Dan 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Khath (Kaligrafi) dalam meningkat-kan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik regresi sederhana.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. 2) Keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. Dan 3) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Khath, Keterampilan Menulis.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 745 Seni Dekorasi > 745.61 Pembuatan Kaligrafi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Jan 2023 03:17
Last Modified: 15 Jan 2023 03:17
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item