IRFAN FAHRUL HUDA, 131310000518 (2017) ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pemikiran Dr. H. Akmal Hawi, M.Ag Dalam Buku Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
131310000518_COVER.pdf - Published Version Download (795kB) | Preview |
|
![]() |
Text
131310000518_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
![]() |
Text
131310000518_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
![]() |
Text
131310000518_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
![]() |
Text
131310000518_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
![]() |
Text
131310000518_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
|
Text
131310000518_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
Abstract
Akmal Hawi merupakan salah satu pemikir cendekiawan muslim dalam pendidikan yang kompeten. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin menganalisis pandangan-pandangan Akmal Hawitentang kompetensi kepribadian dan implikasinya terhadap guru pendidikan agama islam yang dikemas dalam suatu rumusan penelitian, yaitu : 1)Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI secara umum?, 2)Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam menurut Dr. H. Akmal Hawi, M.Ag?, dan 3) Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dan implikasinya terhadap pendidikan agama Islam. Salah satu faktor terpenting dari seorang guru adalah kepribadiannya. Karena dengan kepribadian itulah seorang guru bisa menjadi seorang pendidik dan pembina bagi anak didiknya atau bahkan mala sebaliknya malah akan menjadi perusak dan penghancur bagi masa depan anak didiknya. Kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak, sulit dilihat dan tidak bisa diketahui secara nyata, yang dapat diketahui hanyalah penampilan dari segi luarnya saja. Segenap guru hendaknya mengetahui dan menyadari betul bahwa kepribadiannya yang tercermin dalam berbagai penampilan itu ikut menentukan tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan itu sendiri pada umumnya dan pada tempat ia mengajar pada umumnya. Kepribadian itu akan diserap dan diambil oleh anak didik menjadi unsur dalam kepribadiannya yang sedang tumbuh dan berkembang. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian di atas, antara lain : 1) metode filosofis, dan 2) metode dokumentasi. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan berkaitan dengan pembahasan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan penelitian library reseacrhatau kajian pustaka, yaitu pendekatan dengan menggali informasi bacaan dari buku literature, skripsi, atau lainnya yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Penulis menggunakan sumber data primer buku “kompetensi guru pendidikan agama islam karya Akmal Hawi” dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan sifat dan jenis data yang diperoleh, maka teknik analisa data yang dipergunakan adalah deskriptif analisis, yaitu pengambilan kesimpulan terhadap suatu objek, kondisi pemikiran, gambaran secara sistematis faktual, serta hubungannya dengan fenomena yang di analisis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kepribadian Guru, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 03:12 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 03:12 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |