DARSI, 131310001617 (2017) PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS V DI MI ISLAMIYAH 01 MOJO CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001617_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001617_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
131310001617_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
131310001617_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (409kB)
131310001617_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
131310001617_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (136kB)
131310001617_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (524kB)
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan efektifitas metode card sort dalam membantu menghafal siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Lebih spesifiknya adalah melalui metode card sort dapat meningkatkan hafalan pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Islamiyah 01 Mojo CluwakPati.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Islamiyah 01 Mojo yang berjumlah 25 siswa dimana kondisi awal kurang optimal dalam memenuhi ketuntasan minimal dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Karya ilmiah ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini pengumpulan data dengan tehnik observasi, sedangkan untuk mendapatkan nilai belajar dari catatan guru dengan tehnik dokumentasi dan test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pra-siklus prestasi hafalan siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dari 25 siswa 50% menunjukkan sikap kurang bergairah dalam belajar pada mata pelajaran al-Qur’an hadits. Di samping itu nilai yang diperoleh dari tes hafalan terdapat hanya 36% siswa yang menunjukkan ketuntasan hafalannya. Pada siklus I didapatkan tingkat ketuntasan hafalan siswa mencapai 48% hal ini masih kurang dari syarat tingkat ketuntasan hafalan yang mencapai 75%. Oleh sebab itu dilaksanakan siklus II. Dalam siklus II ini didapatkan ketuntasan hafalan siswa sudah mencapai 68%, artinya sudah memenuhi syarat ketuntasan minimal. Selain itu tingkat keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57%, sedangkan siklus II tingkat keaktifan siswa sudah mencapai 78% hal ini menunjukkan bahwa metode cart sort benar-benar dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga prestasi hafalan siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Kesimpulan bahwa menggunakan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada pokok bahasan menghafal dan memahami surat - surat pendek di kelas V MI Islamiyah 01 Mojo. Metode card sort tersebut dapat membuat pembelajaran menyenangkan dan efektif pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits sehingga siswa lebih mudah memahmi materi yang diajarkan dan meningkatkan hafalan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort , Hafalan Siswa. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 03:11 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 03:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4068 |