Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA (Peer Tutoring) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA SD N 2 LANGON TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CHOLILAH VINDA TARI, 131310000257 (2017) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA (Peer Tutoring) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA SD N 2 LANGON TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000257_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000257_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 131310000257_BAB I.pdf] Text
131310000257_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 131310000257_BAB II.pdf] Text
131310000257_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 131310000257_BAB III.pdf] Text
131310000257_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 131310000257_BAB IV.pdf] Text
131310000257_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 131310000257_BAB V.pdf] Text
131310000257_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 131310000257_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000257_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi metode tutor sebaya (Peer Tutoring) pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas 5 SD N 2 Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan peningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas 5 SD N 2 Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mengetahui problematika dan solusi dalam implementasi metode tutor sebaya (Peer Tutoring) dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas 5 SD N 2 Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field research yaitu pengumpulan data dan informasi yang terkait dengan objek penelitian Siswa Kelas V SD N 2 Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dan pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi.
Setelah dilaksanakan penelitian bahawa implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas V SD N 2 Langon Tahunan Jepara terdapat beberapa kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran dan penutup. Guru memulai pelajaran dengan memberi gambaran secara umum tentang materi yang akan dipelajari dan membentuk kelompok dan menentukan tutor sebaya. Guru mengulas materi dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya lagi mengenai materi yang sudah didiskusikan.
Peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas V SD N 2 Langon Tahunan Jepara sebelum dan setelah menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkna bahwa motivasi belajar siswa setelah diterapkanya metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas V SD N 2 Langon Tahunan Jepara, ditunjukan dengan prosentase hasil observasi yaitu 77.5 %. Jadi peningakatan motivasi belajar siswa naik sebesar 77.5% - 47.5% = 30%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivas belajar Pendidikan Agama Islam.
Problematika dan solusi dalam implementasi Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas 5 SD N 2 Langon Tahunan Jepara yaitu waktu yang disediakan dalam kegiatan pembelajaran pada model ini membutuhkan waktu yang panjang. Karena jam belajar yang disediakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya 2 jam dan perbedaan kemampuan siswa sangat mempengaruhi berhasil tidaknya dalam pelaksanaan pembelajran Pendidikan Agama Islam hal ini dapat dilihat ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang prestasi belajarnya kurang dan guru harus mengulangi menjelaskan materi pelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Jan 2023 03:06
Last Modified: 15 Jan 2023 03:06
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item
View Item